Farah.ID
Farah.ID

Departemen Pertahanan Turki Umumkan Penemuan 35 Mayat Korban Teroris PKK Di Suriah

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 Juli 2021, 10:16 WIB
Departemen Pertahanan Turki Umumkan Penemuan 35 Mayat Korban Teroris PKK Di Suriah
Penggalain kuburan massal korban YPG/PKK di lingkungan Afrin/Net
Sebanyak 35 mayat yang diduga korban teroris organisasi teroris YPG/PKK ditemukan distrik Afrin utara Suriah. Pengumuman tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Nasional Turki di akun Twitternya pada Rabu (14/7) waktu setempat.

“Kejahatan perang lain dari organisasi teroris PKK/YPG terungkap,” tulis kementerian seperti dikutip dari Anadolu Agency, Kamis (15/7). Ia menambahkan kemungkinan jumlah itu akan bertambah karena proses penggalian masih berlangsung.

Menurut keterangan tersebut, mereka menerima informasi bahwa teroris YPG/PKK mengubur mayat massal di sebuah lahan kosong di lingkungan Afrin pada Januari 2018, area tersebut kemudian digali.

Sejak 2016, Turki telah meluncurkan trio operasi anti-teror yang sukses, yaitu Euphrates Shield pada 2016, Olive Branch 2018, dan Peace Spring pada 2019, melintasi perbatasannya di Suriah utara untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan pemukiman penduduk yang damai.

Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teror oleh Turki, AS, dan UE - bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG sendiri adalah cabang PKK Suriah.

Suriah telah terperosok dalam perang saudara yang mengerikan sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menindak protes pro-demokrasi dengan keganasan yang tak terduga.

Dalam dekade terakhir, sekitar setengah juta orang telah terbunuh dan lebih dari 12 juta orang harus meninggalkan rumah mereka.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA