Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nigeria Diam-diam Bebaskan 1.009 Mantan Pejuang Boko Haram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 15 Juli 2021, 17:18 WIB
Nigeria Diam-diam Bebaskan 1.009 Mantan Pejuang Boko Haram
Boko Haram/Net
rmol news logo Nigeria dilaporkan telah membebaskan 1.009 mantan gerilyawan Boko Haram yang selama ini ditahan di penjara militer Barak Giwa di Maiduguri, Borno.

Dari laporan Sahara Reporters, pembebasan para mantan teroris itu dilakukan dalam sebuah upacara rahasia pada Rabu (14/7).

Pembebasan dilakukan oleh pemerintah negara bagian Borno, dan seharusnya dilakukan lebih cepat, namun ditunda karena pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal Faruk Yahya.

Menurut sumber militer, para mantan pejuang Boko Haram tersebut diserahkan kepada  Komisioner Urusan Perempuan dan Pembangunan Sosial Hajiya Zuwaira Gambo yang mewakili pemerintah negara bagian dalam acara tersebut.

"Tentara menyerahkan 1.009 pemberontak Boko Haram kepada pemerintah negara bagian hari ini (Rabu). Itu dilakukan secara rahasia. Kami diperingatkan untuk tidak mengizinkan jurnalis ke tempat tersebut," ujar sumber tersebut.

Pada 2018, militer Nigeria meluncurkan Operation Saf Corridor, sebuah inisiatif untuk deradikalisasi dan rehabilitasi mantan anggota Boko Haram. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA