Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tambahan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 15 Juli 2021, 20:48 WIB
Tambahan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Tanah Air
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi/Net
rmol news logo Komitmen Amerika Serikat memberikan tambahan bantuan vakin bagi Indonesia terealisasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kamis ini (15/7), pemerintah menerima 1,5 juta vaksin Moderna yang tiba di Bandara International Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatakan, kedatangan vaksin Moderna hari ini merupakan salah satu langkah pemerintah unk mengamankan pasokan vaksin Covid-19.

"Kita kembali menerima kedatangan vaksin jadi Moderna tahap kedua sebesar 1.500.100 dosis.Ini merupakan dukungan kerja sama Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin tersebut, secara virtual.

Selain vaksin Moderna ini, Retno juga memastikan pada malam nanti Indonesia akan menerima pengiriman tahap kedua vaksin jadi AstraZeneca sebanyak 1.162.840 dosis, yang merupakan dukungan kerja sama bilateral dengan skema dose-sharing dari Pemerintah Jepang.

Lebih lanjut, Retno menyebutkan jumlah vaksin, baik dari Amerika Serikat maupun Jepang sejalan dengan komitmen, baik yang disampaikan Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Secretary Antony Blinken dan National Security Advisor Jake Sullivan, serta komunikasi pemeirntah Indonesia dengan Menlu Jepang Motegi.

"Baik melalui telepon maupun saat pertemuan di sela-sela KTM G20 di Italia, 29 Juni yang lalu," imbuhya.

Karena itu, Retno mewakili pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada kedua negara tersebut yang mau memabantu dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin sekali lagi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Amerika Serikat dan Jepang yang telah berbagi dosis vaksin, baik melalui jalur bilateral maupun multilateral," tuturnya.

Dengan kedatangan ini, maka jumlah vaksin Moderna dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui COVAX Facility yang telah diterima Indonesia adalah sebesar 4.500.160 dosis.

Sedangkan total vaksin dukungan dose-sharing bilateral dari Jepang yang sudah diterima ialah 2.161.240 dosis. Secara keseluruhan, per 15 Juli 2021 ini, Indonesia telah menerima  140.274.480 dosis vaksin, dengan 115.500.280 dalam bentuk bahan baku dan 24.774.200 dalam bentuk vaksin jadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA