Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu: WHO Baru Menyampaikan, Selama 4 Minggu Dunia Menghadapi Kenaikan Kasus Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 15 Juli 2021, 21:36 WIB
Menlu: WHO Baru Menyampaikan, Selama 4 Minggu Dunia Menghadapi Kenaikan Kasus Covid-19
Ilustrasi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit/Net
rmol news logo Kenaikan kasus Covid-19 ternyata tidak hanya menggila di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menerangkan, informasi tersebut telah disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Di mana, beberapa negara di kawasan Eropa naik ratusan persen, bahkan terdapat negara yang alami kenaikan 510 persen.

"Dirjen WHO baru-baru ini menyampaikan bahwa selama empat minggu terakhir dunia menghadapi kenaikan kasus secara terus-menerus di hampir semua kawasan. Jumlah kematian global juga minggu ini mulai naik kembali, setelah sepuluh minggu secara berturut-turut mengalami penurunan," ujar Retno saat memberikan keterangan eprs soal kedatangan vaksin Moderna, Kamis (15/7).

Retno mengatakan, WHO telah memberitahukan bahwa untuk mengatasi kenaikan kasus yang terjadi secara signifikan tersebut dua hal yang dapat dilakukan. Yaitu, pembatasan mobilitas dan percepatan vaksinasi.

"Dalam kaitan dengan Indonesia, saat ini pembatasan mobilitas tengah dilakukan oleh pemerintah melalui PPKM Darurat dan di saat yang sama pemerintah juga terus mengupayakan percepatan vaksinasi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Retno menegaskan, pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengamankan pasokan vaksin untuk kebutuhan vaksinasi nasional guna mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian BUMN, serta instansi terkait lainnya akan terus bersinergi untuk memastikan kelancaran pasokan vaksin di Indonesia, baik secara bilateral, maupun melalui jalur multilateral," tegasnya.

Menutup keterangan persnya, Menlu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan menyukseskan program vaksinasi dan memperkuat penerapan protokol kesehatan.

"Mari kita sukseskan vaksinasi untuk Covid-19 dan kita perkuat penerapan protokol kesehatan sehingga Indonesia dapat segera keluar dari pandemi ini," demikian Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA