Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wang Yi: Prioritas Utama China Di Afghanistan Adalah Mencegah Perang Saudara Dan Terorisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 Juli 2021, 06:11 WIB
Wang Yi: Prioritas Utama  China Di Afghanistan Adalah Mencegah Perang Saudara Dan Terorisme
Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan Mohammed Haneef Atmar di Dushanbe./Net
rmol news logo Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan Mohammad Haneef Atmar di Dushanbe di sela kunjungannya ke Tajikistan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pertemuan tersebut, Wang mengatakan bahwa China mendukung kerangka rekonsiliasi yang dipimpin dan dimiliki oleh Afghanistan di antara berbagai pasukan yang ada di negara tersebut.

"Penarikan tergesa-gesa pasukan AS dan NATO telah meningkatkan ancaman keamanan di Afghanistan, dan prioritas mendesak adalah untuk mencegah perang saudara, memulai kembali negosiasi internal dan tindakan keras terhadap terorisme," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Kamis (15/7).

Untuk itu Wang menekankan bahwa Taliban tidak boleh terkait dengan organisasi teroris. Selain itu, Wang memastikan bahwa China tidak akan mencampuri urusan internal apa pun di negara tersebut.

"China tidak akan mencampuri masalah internal di Afghanistan dan tidak memiliki perhitungan geopolitik tentang wilayah tersebut," katanya.

Wang menambahkan bahwa China akan terus memperlakukan Afghanistan sehubungan dengan kedaulatan dan kemerdekaannya. Dia juga berjanji akan memberikan vaksin dan dukungan medis lainnya ke Afghanistan sampai negara tersebut berhasil mengalahkan Covid-19 sepenuhnya.

Menanggapi hal itu, Atmar mengatakan dia "sepenuhnya setuju" dengan pernyataan Wang dan berterima kasih atas dukungan China.

"Afghanistan mengharapkan untuk membawa kerja sama bilateral di berbagai bidang termasuk politik, ekonomi dan keamanan untuk memasuki tahap baru," kata Atmar.

Dia juga berjanji untuk lebih meningkatkan kolaborasi keamanan dengan China, termasuk bersama-sama memerangi organisasi teroris seperti Gerakan Islam Turkistan Timur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA