Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid Terus Melonjak, Eropa Masukkan Belanda Ke Kategori Negara Berisiko Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 Juli 2021, 07:49 WIB
Kasus Covid Terus Melonjak, Eropa Masukkan Belanda Ke Kategori Negara Berisiko Tinggi
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa (ECDC)/Net
rmol news logo Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa (ECDC) kembali mengklasifikasikan Belanda ke tingkat risiko terburuk atau terburuk kedua untuk infeksi virus corona pada Kamis (15/7) waktu setempat.

Dalam putusannya, ECDC memindahkan status Kota Groningen dari level yang menunjukkan risiko terendah ke Merah Tua yang berarti level terburuk, dan menurunkan peringkat wilayah Belanda lainnya menjadi Merah.

Status negara itu diubah setelah data menunjukkan adanya peningkatan tercepat infeksi virus corona sejak awal pandemi.

Dengan status baru yang diberikan ECDC, kini siapa pun yang bepergian dari Belanda dapat dikenai pembatasan dan persyaratan yang meningkat untuk masuk ke negara lain.

"Banyak negara masih akan mengizinkan orang memasuki perbatasan mereka dari negara Merah jika dua minggu setelah mereka menerima suntikan vaksinasi terakhir mereka," kata Menteri Kesehatan Hugo de Jonge dalam debat di Parlemen pada Rabu malam setelah dia ditekan tentang masalah ini, seperti dikutip dari AFP, Kamis (15/7).

De Jonge mengatakan bahwa siapa pun yang berencana untuk bepergian ke luar negeri harus menggunakan situs web pemerintah Wijsopreis.nl, dan Reisapp untuk mengetahui tentang kondisi yang relevan.

"Kami telah mengatakan untuk sementara waktu, 'Lihat dan teruslah mencari, tepat sebelum Anda pergi dan lagi ketika Anda kembali, untuk momen ketika negara tempat Anda berlibur berubah warna," ujarnya.

Dia juga mengatakan para menteri Kabinet yang bertanggung jawab atas pariwisata, keadilan dan keamanan dan urusan luar negeri semuanya bekerja dengan rekan-rekan mereka di Eropa untuk memastikan semua orang di UE tetap pada kebijakan yang sama.

"Dan jika itu benar-benar perlu, perdana menteri akan melakukannya dengan rekan-rekannya. Jika perlu, kita semua siap untuk memastikan bahwa perbatasan tetap terbuka untuk penduduk Belanda selama periode liburan, tetapi setiap negara mengontrol perbatasannya sendiri," kata De Jonge.

Sebuah wilayah dikategorikan oleh ECDC sebagai 'Merah Tua' ketika mereka telah mendiagnosis lebih dari 500 infeksi virus corona per 100 ribu penduduk dalam periode 14 hari. Dan mereka akan diarsir warna Merah ketika ada antara 201 dan 499 infeksi per kapita selama waktu itu. Mereka juga dapat diarsir Merah ketika 75 hingga 200 infeksi per kapita ditemukan, dan tingkat positifnya adalah empat persen atau lebih.

ECDC mengatakan tingkat kepositifan nasional untuk Belanda ditetapkan hanya di bawah tujuh persen. Tidak ada satu pun provinsi yang mendekati Kode Orange dengan tingkat kepositifan setinggi itu.

Selain Belanda, Siprus juga diberi peringkat Merah Tua, sementara Spanyol adalah campuran Merah dan Merah Tua. Luksemburg dan Portugal juga sepenuhnya diarsir Merah pada peta yang diperbarui.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA