Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Biden: AS Tidak Punya Rencana Kirim Pasukan Ke Haiti Saat Ini

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 16 Juli 2021, 09:44 WIB
Biden: AS Tidak Punya Rencana Kirim Pasukan Ke Haiti Saat Ini
Presiden AS Joe Biden/Net
Presiden Joe Biden mengesampingkan kemungkinan untuk mengirim pasukan Amerika Serikat (AS) ke Haiti meski negara Karibia tersebut berada di tengah kekacauan setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise.

Berbicara dalam konferensi pers pada Kamis (15/7), Biden mengatakan AS mengirim marinir untuk menjaga Kedutaan Besar AS di ibukota Port-Au-Prince.

"Tetapi gagasan mengirim pasukan Amerika ke Haiti tidak ada dalam agenda saat ini," ujar Biden, seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, penjabat Perdana Menteri Haiti Claude Joseph telah meminta AS dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mengirim pasukannya dalam membantu mengamankan bandara dan infrastruktur lainnya.

Meski begitu, rencana tersebut mendapat kritik dari kelompok masyarakat sipil dan mantan tokoh militer Haiti.

Moise ditembak mati di kediamannya pada 7 Juli oleh sekelompok pembunuh, termasuk 26 warga Kolombia dan dua warga Amerika. Sebanyak 18 warga Kolombia telah ditahan, dan tiga lainnya dibunuh polisi.

Presiden Kolombia Ivan Duque mengatakan banyak dari mantan tentara Kolombia yang dituduh terlibat dalam pembunuhan Moise. Mereka pergi ke Haiti untuk bekerja sebagai pengawal.

"Ada kelompok besar yang dibawa untuk misi perlindungan, tetapi di dalam kelompok itu, ada kelompok yang lebih kecil, yaitu mereka yang tampaknya memiliki pengetahuan rinci tentang apa yang akan menjadi operasi kriminal," kata Duque.

Jurubicara Pentagon Letnan Kolonel Ken Hoffman mengatakan, sejumlah kecil tahanan telah menerima pelatihan militer AS sebagai anggota aktif militer Kolombia.

ARTIKEL LAINNYA