Farah.ID
Farah.ID

Menlu China Dan Rusia Bertemu Di Uzbekistan, Bahas Perjanjian Kedua Negara Dan Perkembangan Terkini Afghanistan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 Juli 2021, 10:16 WIB
Menlu China Dan Rusia Bertemu Di Uzbekistan, Bahas Perjanjian Kedua Negara Dan Perkembangan Terkini Afghanistan
Menlu China Wang Yi/Net
Menteri luar negeri Rusia dan China menggelar pertemuan khusus di ibukota Uzbekistan, Tashkent, pada Kamis (15/7) waktu setempat.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, pertemuan Sergei Lavrov dengan Wang Yi berlangsung di sela-sela konferensi internasional bertajuk 'Asia Tengah dan Selatan: Konektivitas Regional - Tantangan dan Peluang' yang dihadiri kedua menteri.

Sejumlah masalah terkait isu-isu penting global, masalah regional, keamanan data internasional, kesepakatan nuklir Iran serta perkembangan terbaru di Asia Tengah dan Lingkar Pasifik.

"Saya siap bertukar pandangan dengan Anda, membandingkan pendekatan kami dengan situasi saat ini di kawasan kami, dan mencapai kesepakatan baru," kata Wang kepada Lavrov, seperti dikutip dari Tass, Jumat (16/7).

Pertemuan itu juga menandai peringatan penandatanganan Perjanjian Tetangga Baik, Persahabatan, dan Kerja Sama antara kedua negara.

Perjanjian Rusia-China tentang Ketetanggaan yang Baik, Persahabatan, dan Kerjasama ditandatangani pada 16 Juli 2001, oleh Presiden Vladimir Putin dan Presien China pada masa itu, Jiang Zemin.

Pada 28 Juni, diumumkan setelah pembicaraan melalui video antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin China Xi Jinping bahwa perjanjian itu akan diperpanjang selama lima tahun, seperti dikutip dari Tass.

Situasi terkini Afghanistan juga tak luput dari perhatian kedua diplomat top tersebut. Keduanya mengungkapkan akan mendukung upaya Shanghai Cooperation Organization’s Afghanistan Contact Group.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA