Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Nord Stream 2 Jadi Bukti Angela Merkel Mengkhianati Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 16 Juli 2021, 17:15 WIB
Nord Stream 2 Jadi Bukti Angela Merkel Mengkhianati Ukraina
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
Proyek Nord Stream 2 antara Rusia dan Jerman merupakan bukti bahwa Kanselir Angela Merkel telah mengkhianati Ukraina.

Begitu yang dikatakan oleh seorang penasihat di kantor kepresidenan Ukraina, Oleksiy Arestovich ketika menanggapi kunjungan Merkel ke Washington, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (15/7).

Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden, Merkel tetap teguh melanjutkan proyek Nord Stream 2 yang selama ini menjadi ketegangan dengan Ukraina.

Bahkan ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Jerman baru-baru ini, negosiasi untuk menghentikan proyek itu dengan Merkel tidak membuahkan hasil.

"Merkel berdiri teguh selama tujuh tahun, tetapi pada akhirnya dia mengkhianati kepentingan Ukraina sedikit demi Rusia," ujar Arestovich.

Selain Nord Stream 2, Arestovich juga menyoroti perbedaan pendapat antara Ukraina dan Jerman mengenai Formula Steinmeier, sebuah mekanisme yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik di Ukraina timur.

Format Normandia, yang melibatkan negosiator Rusia, Ukraina, Jerman, dan Prancis, dibuat pada 2016. Mekanisme itu dibuat untuk menyelesaikan perang saudara di Donetsk dan Lugansk sejak 2014.

ARTIKEL LAINNYA