Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping Hubungi Presiden Ashraf Ghani, Janjikan Dukungan China Untuk Perdamaian Dan Kedaulatan Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Juli 2021, 11:02 WIB
Xi Jinping Hubungi Presiden Ashraf Ghani, Janjikan Dukungan China Untuk Perdamaian Dan Kedaulatan Afghanistan
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani/Net
rmol news logo China terus berupaya membuktikan diri bahwa mereka benar-benar serius atas persoalan yang saat ini sedang dihadapi Afghanistan, terutama masalah regional sepeninggal pasukan militer AS dari negara yang dilanda perang selama bertahun-tahun tersebut.

Salah satunya dibuktikan dengan komunikasi terbaru antara Presiden Xi Jinping dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada Jumat (16/7) waktu setempat. Dalam percakapan yang digelar melalui sambungan telepon tersebut, Xi dengan mantap menyatakan dukungan China untuk proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan.

Xi yang juga sekretaris jenderal Partai Komunis China (PKC) dan ketua Komisi Militer Pusat, menunjukkan bahwa China dan Afghanistan adalah tetangga bersahabat tradisional dan selalu saling memahami dan membantu.

“China siap untuk terus memberikan dukungan dan bantuan kepada Afghanistan dalam perjuangannya melawan epidemi Covid-19. Diharapkan Afghanistan akan memperkuat perlindungan keamanan bagi warga dan institusi China di Afghanistan, kata Xi, seraya menekankan bahwa sejak wabah Covid-19 menyerang, rakyat  dari kedua negara telah berdiri bersama dan saling membantu, memperdalam persahabatan dan kerja sama mereka.

Kepada Ghani Xi juga menekankan bahwa China dengan tegas mendukung pemerintah Afghanistan dalam menjaga kedaulatan nasional, kemerdekaan dan integritas teritorial, yang merupakan kepentingan rakyat Afghanistan dan negara-negara di kawasan itu.

“China selalu percaya bahwa dialog politik adalah cara mendasar untuk mencapai rekonsiliasi nasional dan perdamaian abadi di Afghanistan. China akan terus mendukung prinsip ‘dipimpin dan dimiliki Afghanistan’, proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan, dan rekonstruksi damai Afghanistan pada tanggal awal,” kata Xi.  

Pemimpin China itu juga mengatakan bahwa negaranya menyambut baik konsensus positif yang dicapai oleh pemerintah Afghanistan dan berbagai faksi domestik dalam pembicaraan baru-baru ini di Teheran. Dia juga menyampaikan harapannya  bahwa pihak-pihak dalam pembicaraan damai akan mempertimbangkan kepentingan rakyat Afghanistan dan mencapai penyelesaian politik pada tanggal awal melalui negosiasi.

“China akan terus memainkan peran konstruktif dalam hal ini,” kata Xi.

Ghani pada gilirannya mengucapkan terima kasih kepada China atas dukungan mereka untuk Afghanistan dan mengatakan dia berharap untuk terus memajukan kerja sama dengan China dalam konektivitas dan bidang lainnya.

Ghani mengatakan pemerintah Afghanistan berkomitmen untuk penyelesaian politik krisis saat ini dan realisasi perdamaian abadi di Afghanistan.

“China selalu menjadi kekuatan penting dan positif dalam menjaga keamanan dan stabilitas regional,” kata Ghani, seraya menambahkan bahwa dia mengharapkan China akan terus memainkan peran penting dalam mempromosikan penyelesaian politik masalah Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA