Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bahas Kerja Sama Keamanan AS-Irak, Joe Biden Akan Menjamu Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi di Gedung Putih

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Juli 2021, 12:42 WIB
Bahas Kerja Sama Keamanan AS-Irak, Joe Biden Akan Menjamu Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi di Gedung Putih
Presiden Joe Biden/Net
Di tengah meningkatnya serangan terhadap sejumlah fasilitas militer AS di Irak, Presiden Joe Biden dilaporkan akan menjamu Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi di Gedung Putih pada 26 Juli mendatang.

Pengumuman kunjungan Al-Kadhimi disampaikan Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki pada Jumat (16/7) waktu setempat.

"Kunjungan itu akan menyoroti kemitraan strategis antara kedua negara dan memajukan kerja sama bilateral di bawah perjanjian 2008 yang mengatur penarikan pasukan AS dari Irak," kata Psaki, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/7).

"Biden berharap untuk memperkuat kerja sama dengan Irak pada masalah keamanan untuk memasukkan upaya bersama untuk memastikan kekalahan abadi dari kelompok militan Negara Islam," ujarnya.

Psaki tidak mengacu pada Iran, yang menerapkan pengaruh mereka di Irak melalui hubungan dekatnya dengan pemerintah Baghdad dan dengan mendukung pasukan milisi Syiah yang melakukan serangan terhadap fasilitas militer yang menampung pasukan AS.

Sebelumnya, muncul laporan dari tiga sumber milisi dan dua sumber keamanan Irak yang mengatakan seorang komandan senior Pengawal Revolusi Iran, mendesak milisi Syiah Irak untuk meningkatkan serangan terhadap sasaran AS selama pertemuan di Baghdad pekan lalu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA