Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Resmi Ajukan Usulan Jalur Transportasi Raksasa Di Asia Tengah Yang Mengecualikan China Dan Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Juli 2021, 15:19 WIB
India Resmi Ajukan Usulan Jalur Transportasi Raksasa Di Asia Tengah Yang Mengecualikan China Dan Pakistan
Pelabuhan Chabaha/Netr
rmol news logo Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar, menekankan perlunya jaringan transportasi yang kuat di dalam dan antara Asia Tengah dan Selatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada konferensi konektivitas regional, Jumat (16/7) ia mengatakan bahwa India secara resmi mengusulkan jalur transportasi raksasa yang akan menyatukan Chabahar dengan Koridor Transportasi Utara Selatan Internasional (INSTC) yang membentang dari India ke Rusia.  

Berakar dari sejarah, Jaishankar mengatakan bahwa fokus India dalam beberapa tahun terakhir adalah untuk membangun kembali hubungan yang terputus oleh masa kolonial. Ini termasuk mengambil 'langkah-langkah praktis' untuk mengoperasionalkan pelabuhan Chabahar sejak 2016 yang menyediakan "akses yang aman, layak dan tanpa hambatan" ke laut untuk negara-negara Asia Tengah.

Chabahar adalah kunci konektivitas India ke arah barat, menyediakan rute ke Afghanistan dan Asia Tengah sementara Koridor Transportasi Utara-Selatan yang terdiri dari jalur kereta api, pelayaran, dan jalan raya saat ini melewati kota-kota seperti Bandar Abbad, Bandar Anzali, Teheran di Iran, Baku di Azerbaijan dan Astrakhan di Rusia.

Jaishankar menekankan bagaimana pelabuhan (Chabahar) tidak hanya muncul sebagai pusat transit komersial untuk wilayah tersebut tetapi juga memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan, terutama selama pandemi Covid-19.

“Kami telah berkembang di Sub-benua India dan ke arah timur ke Indo-Pasifik. Cakrawala kami membentang dari Vladivostok ke Teluk dan Afrika Timur. Namun, tantangan menuju Asia Tengah dan Eurasia tetap harus diatasi,” ujar Jaishankar.

Hingga saat ini, INSTC dan Chabahar telah menjadi fokus utama India. Pada bulan Maret, India dan Iran merayakan 'Hari Chabahar', di mana Jaishankar mengusulkan integrasi Pelabuhan Chabahar dengan INSTC.

Proyek INSTC muncul pada tahun 2002, ketika menteri transportasi Rusia, Iran, dan India menandatangani perjanjian untuk membangun kapal multimoda sepanjang 7.200 kilometer, jaringan transportasi kereta api dan berbasis jalan. Mulai dari Mumbai, akan menuju ke Moskow melalui Iran dan Laut Kaspia.

INSTC diatur untuk menyebarkan radialnya di area yang jauh lebih besar. Pada dasarnya INSTC baru adalah kombinasi dari dua koridor.

Satu dimulai dari Mumbai dan menuju ke Bandar Abbas, pelabuhan Iran yang terkenal di Teluk. Dari sini dibutuhkan jalur darat menuju Bandar Anzali yang berada di pesisir Laut Kaspia.

Koridor kedua atau rute Chabahar dimulai di Mumbai, tetapi pelabuhan Mundra di Gujarat lebih menonjol. Dari sini menuju ke Chabahar, satu-satunya pelabuhan Samudra Hindia Iran, yang memiliki potensi besar.

Para perencana INSTC ingin menghubungkan kedua rute tersebut menjadi usaha besar yang akan memungkinkan wilayah-wilayah Eurasia tidak hanya mengakses Bandar Abbas yang padat, tetapi juga mengakses rute Chabahar yang berkembang pesat.

Namun, dalam referensi terselubung ke Pakistan dan China, Jaishnkar menunjuk pada hambatan geopolitik. Dalam sebuah pernyataan tegas, Jaishankar mengatakan bahwa India telah belajar dari pengalamannya yang perlu dipahami.

Ia mengatakan, masalah sebenarnya adalah pola pikir, bukan perselisihan. Memblokir konektivitas dalam praktik sementara menyatakan dukungan pada prinsipnya tidak menguntungkan siapa pun.

"Pandangan sepihak tentang hak dan kewajiban perdagangan tidak akan pernah berhasil. Tidak ada konektivitas serius yang bisa menjadi jalan satu arah. Upaya konektivitas harus didasarkan pada kelayakan ekonomi dan tanggung jawab keuangan. Mereka harus mempromosikan kegiatan ekonomi dan tidak menciptakan beban utang," tegasnya, dalam pidatonya di 'Central and South Asia: Regional Connectivity.

Ia juga merujuk pada China yang dituduh mendorong negara-negara berkembang ke dalam perangkap utang atas nama infrastruktur.

Dengan India menggunakan pelabuhan Chabahar untuk mengirimkan bantuan makanan kemanusiaan ke Afghanistan, Jaishankar mengatakan bahwa pembangunan dan kemakmuran berjalan seiring dengan perdamaian dan keamanan.

Ia kemudian menegaskan, dalam upayanya untuk mempromosikan rute pan-Eurasia yang baru, ia  mengecualikan Pakistan dan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA