Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putri Dubes Afghanistan Diculik Dan Disiksa Di Pakistan, Pelaku Belum Ditemukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 Juli 2021, 06:21 WIB
Putri Dubes Afghanistan Diculik Dan Disiksa Di Pakistan, Pelaku Belum Ditemukan
Dutabesar Afghanistan untuk Pakistan Najibullah Alikhil/Net
rmol news logo Putri Dutabesar Afghanistan untuk Pakistan Najibullah Alikhil, Silsila Alikhil dikabarkan telah diculik dan disiksa dengan kejam oleh orang-orang tidak dikenal di Islamabad.

Kementerian Luar Negeri Afghanistan di situs resmi mereka memberikan kabar tersebut. Dalam pernyataannya, kementerian mengutuk keras tindakan keji tersebut dan menyampaikan keprihatinan atas keselamatan dan keamanan para diplomat dan keluarga mereka, serta anggota staf misi Afghanistan di Pakistan.

Dikutip dari laporan TRT World, Silsila Alikhil diculik selama beberapa jam oleh orang tidak dikenal ketika melakukan perjalanan pulang pada Jumat (16/7).

Menurut kementerian, saat ini wanita 26 tahun itu telah dibebaskan dan tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit.

"Segera setelah dibebaskan dari penyekapan, Alikhil mendapat perawatan medis di rumah sakit," jelas kementerian.

Berdasarkan laporan medis rumah sakit yang dimuat Al Jazeera, Alikhil dipukul di bagian kepala karena terjadi pembengkakan di daerah oksipital belakang otak, sementara pergelangan tangan dan kakinya bengkak akibat diikat dengan tali.

Pemeriksaan X-ray akan dilakukan untuk melihat adanya patah tulang di beberapa bagian tubuhnya.

Para penculik menyekap Alikhil selama lebih dari 5 jam, sebelum akhirnya polisi melarikannya ke rumah sakit milik negara Institut Ilmu Kedokteran Pakistan di Islamabad.

Kementerian mendesak pemerintah Pakistan untuk mengambil tindakan segera demi memastikan keamanan dan keselamatan para diplomat Afghanistan yang bekerja di Pakistan sesuai konvensi internasional.  

"Sementara kementerian luar negeri Afghanistan mengikuti masalah ini dengan kementerian luar negeri Pakistan, kami mendesak pemerintah Pakistan untuk mengidentifikasi dan mengadili para pelaku secepat mungkin," tambah kementerian.

Sejauh ini, pihak berwenang Pakistan belum menangkap tersangka penculikan Alikhil.

Tetapi Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed menegaskan, Perdana Menteri Imran Khan telah memerintahkan agar kasus ini segera ditangani dan menjadi prioritas.

Bahkan Khan menginstruksikan agar para penculik ditangkap dalam kurun waktu 48 jam.

Afghanistan dan Pakistan memiliki hubungan yang tidak baik sebagai negara tetangga. Hubungan keduanya kerap dipenuhi kebencian dan permusuhan.

Selama ini, Afghanistan menyebut Pakistan menjadi tempat perlindungan para pejuang Taliban. Sedangkan Islamabad menuduh Afghanistan mengizinkan Taliban menggunakan wilayah mereka untuk menyerang Pakistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA