Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Korban Banjir Eropa Barat Bertambah Lagi, 170 Orang Di Jerman Dan Belgia Meninggal

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 Juli 2021, 08:17 WIB
Korban Banjir Eropa Barat Bertambah Lagi, 170 Orang Di Jerman Dan Belgia Meninggal
Banjir menggenangi jalan di Erftstadt-Blessem, Jerman pada 17 Juli 2021/Reuters
Korban jiwa akibat banjir di Eropa barat telah bertambah menjadi sedikitnya 170 orang, sebanyak 143 orang berada di Jerman dan 27 lainnya di Belgia.

Polisi pada Sabtu (17/7) menuturkan, dari 143 orang yang meninggal akibat banjir bandang di Jerman bagian barat, sebanyak 98 di antaranya ditemukan di distrik Ahrweiler, selatan Cologne.

Sementara itu, di wilayah yang sama, ratusan orang masih hilang atau tidak dapat terjangkau karena air yang tinggi dan jaringan komunikasi yang terputus.

Bencana alam terburuk di Jerman sejak Perang Dunia II itu membuat 700 warga dievakuasi setelah sebuah bendungan di kota Wassenberg jebol pada Jumat malam (16/7),

Di Erftadt, negara bagian North Rhine-Westphalia (NRW), sedikitnya 45 orang meninggal dunia.

"Kami berduka dengan mereka yang kehilangan teman, kenalan, anggota keluarga. Nasib mereka mencabik-cabik hati kita," ujar Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, seperti dikutip Reuters.

Steinmeier mengatakan, membutuhkan waktu berpekan-pekan untuk menilai kerusakan yang diakibatkan banjir.

Sementara itu, Kanselir Angela Merkel yang pulang dari kunjungan ke Washington dijadwalkan untuk melihat situasi terkini di Rhineland Palatinate pada Minggu (18/7).

Pihak berwenang di Belgia saat ini tengah mengupayakan pencarian 103 orang yang masih hilang atau tidak dapat dijangkau.

Banjir yang mulai menyusut membuat warga Belgia mulai memilah barang-barang yang rusak.

ARTIKEL LAINNYA