Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kunjungi Wilayah Jerman Yang Terdampak Banjir, Angela Merkel: Mengerikan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 19 Juli 2021, 10:14 WIB
Kunjungi Wilayah Jerman Yang Terdampak Banjir, Angela Merkel: Mengerikan
Kanselir Angela Merkel ketika mengunjungi wilayah yang terdampak banjir di Jerman bagian barat/Net
Kanselir Angela Merkel mengunjungi wilayah Jerman yang terdampak banjir bandang dahsyat yang membuat 188 orang meninggal dunia di Eropa bagian barat.

Pada Minggu (18/7), Merkel mengunjungi sebuah distrik di Bavaria untuk melihat situasi di lapangan. Ia kemudian menggambarkan dampak banjir sangat mengerikan.

"Mengerikan. Bahasa Jerman hampir tidak bisa menggambarkan kehancuran yang terjadi," ujar Merkel, seperti dikutip AFP.

Dalam pernyataannya, Merkel menjanjikan bantuan keuangan cepat untuk mengatasi banjir. Ia juga menegaskan bahwa pemerintah harus bekerja lebih baik dan lebih cepat dalam mengatasi dampak perubahan iklim, serta menuju emisi nol bersih.

Di Jerman saja, sebanyak 157 orang telah meninggal dunia, sementara ratusan lainnya masih hilang karena sulitnya akses dan jaringan komunikasi yang terputus.

Jalan-jalan berubah menjadi sungai, beberapa kendaraan hanyut di Berchtesgadener Land. Ratusan petugas penyelamat sedang mencari korban selamat di distrik yang berbatasan dengan Austria.

Di distrik Ahrweiler yang paling parah terdampak, sekitar 110 orang tewas. Polisi memperkirakan akan ada lebih banyak korban jiwa yang ditemukan setelah banjir surut.

Sedangkan di North Rhine Westphalia, setidaknya 46 orang meninggal dunia.

Banjir juga melanda Belgia, yang membuat 31 orang meninggal dunia. Selain itu, beberapa negara Eropa lainnya, seperti Belanda dan Austria, yang mengalami hujan deras ikut merasakan dampaknya.

ARTIKEL LAINNYA