Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belasan Misi Asing Di Afghanistan Desak Gencatan Senjata Taliban Selama Idul Adha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 19 Juli 2021, 13:49 WIB
Belasan Misi Asing Di Afghanistan Desak Gencatan Senjata Taliban Selama Idul Adha
Taliban/Net
rmol news logo Sejumlah misi diplomatik di Afghanistan mendesak Taliban untuk menghentikan serangan militernya menjelang Idul Adha pada Selasa (20/7).

Sebanyak 15 misi diplomatik dan perwakilan NATO di Kabul mengeluarkan pernyataan bersama pada Senin (19/7), seperti dikutip Reuters.

Pernyataan bersama itu didukung oleh Australia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Uni Eropa, Finlandia, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Belanda, Spanyol, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat serta perwakilan sipil senior NATO.

"Idul Adha ini, Taliban harus meletakkan senjata mereka untuk kebaikan dan menunjukkan kepada dunia komitmen mereka terhadap proses perdamaian," jelas pernyataan bersama tersebut.

Pernyataan itu muncul hanya beberapa jam setelah delegasi Afghanistan dan Taliban gagal menyepakati gencatan senjata ketika bertemu di Doha, Qatar pada akhir pekan.

Selama beberapa liburan Idul Fitri terakhir, Taliban telah menyerukan gencatan senjata sementara. Namun pengumuman serupa tidak muncul menjelang Idul Adha.

Bentrokan antara Taliban dan pasukan Afghanistan meningkat sejak AS dan sekutu-sekutunya menarik pasukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA