Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Setengah Juta Warga China Kirim Surat Ke WHO, Minta Penyelidikan Kebocoran Virus Corona Dari Lab Militer AS

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 20 Juli 2021, 06:41 WIB
Setengah Juta Warga China Kirim Surat Ke WHO, Minta Penyelidikan Kebocoran Virus Corona Dari Lab Militer AS
Ilustrasi/Net
Sebuah surat bersama yang ditandatangani oleh lebih dari setengah juta warga China mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyelidiki Laboratorium Fort Detrick Amerika Serikat (AS) dengan dugaan kebocoran virus corona.

Laboratorium tersebut dimiliki oleh Institut Penelitian Penyakit Menular Angkatan Darat AS (USAMRIID) di Fort Detrick, Maryland. Pada 2019, laboratorium ditutup sebentar setelah inspeksi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Pihak laboratorium mengatakan, alasan penutupan adalah masalah infrastruktur yang sedang berlangsung dengan dekontaminasi limbah.

Namun surat kabar China, Global Times, meragukan hal tersebut. Lantaran sebuah studi pada Juni dari Institut Kesehatan Nasional mengenai All of Us Research Program menunjukkan bahwa Covid-19 kemungkinan sudah berada di AS pada awal Desember 2019.

"Telah terjadi insiden kebocoran di lab pada musim gugur 2019 tepat sebelum pecahnya epidemi Covid-19. Namun, informasi terperinci telah dirahasiakan oleh AS dengan alasan keamanan nasional," tulis surat yang dibuat oleh warga China, seperti dikutip Global Times.

Di dalam surat itu, disoroti bahwa China telah mengizinkan ahli virologi Barat dan perwakilan media AS untuk mengunjungi Institut Virologi Wuhan. Sedangkan AS tidak pernah membagikan data apa pun mengenai laboratorium di Fort Detrick.

ARTIKEL LAINNYA