Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Joe Biden Kepada Raja Abdullah II: AS Akan Selalu Bersama Yordania

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 20 Juli 2021, 07:18 WIB
Joe Biden Kepada Raja Abdullah II: AS Akan Selalu Bersama Yordania
Raja Yordania Abdullah II dan Presiden AS Joe Biden/Net
Sambutan hangat diberikan Presiden Joe Biden ketika menerima kunjungan Raja Abdullah II dari Yordania di Washington, Amerika Serikat (AS) pada Senin (19/7).

Kepada Raja Abdullah, Biden menegaskan bahwa AS akan selalu ada untuk Yordania. Ia juga menggambarkan kedekatannya dengan raja sebagai teman yang baik dan setia.

"Anda selalu ada di sana, dan kami akan selalu ada untuk Yordania," ujar Biden.

"Anda selalu dapat mengandalkan saya, negara saya, dan banyak rekan kami di kawasan," timpal Raja Abdullah.

Dalam keterangannya, Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pembicaraan Biden dan Raja Abdullah menjadi kesempatan untuk membahas banyak tantangan yang dihadapi Timur Tengah, serta kepemimpinan Yordania dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut.

Kedua pemimpin diperkirakan membahas konflik di Suriah, dari mana lebih dari 1 juta pengungsi telah melarikan diri ke Yordania, hingga situasi keamanan yang sulit di Irak.

"Pemerintahan Biden melihat Yordania sebagai suara moderat di kawasan yang dapat membantu"menyeimbangkan dan melawan beberapa pengaruh yang lebih jahat yang datang dari Iran," ujar seorang pejabat pemerintahan AS.

Dibandingkan dengan Biden, Raja Abdullah memiliki hubungan yang sulit dengan Donald Trump karena prospek perdamaian antara Israel dan Palestina dengan deklarasi Yerusalem 2017 sebagai ibukota Israel.

Raja Abdullah adalah pemimpin Arab pertama yang bertemu langsung dengan Biden.

Sementara itu Biden akan menjamu Perdana Menteri Irak Mustafa Khadimi di Gedung Putih pekan depan, dan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada akhir musim panas.

ARTIKEL LAINNYA