Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Peneliti Inggris Temukan Gen Yang Dapat Mendeteksi Dini Kasus Covid-19, Bahkan Ketika Tanpa Gejala

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 20 Juli 2021, 11:41 WIB
Peneliti Inggris Temukan Gen Yang Dapat Mendeteksi Dini Kasus Covid-19, Bahkan Ketika Tanpa Gejala
Tes Covid-19/Net
Para peneliti di Inggris berhasil menemukan sebuah gen yang aktif sejak awal infeksi Covid-19. Dengan gen ini, maka deteksi dini Covid-19 dapat dilakukan, meski pada mereka yang tanpa gejala.

Gen itu disebut IFI27. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan di The Lancet Microbe, para peneliti mengidentifikasi gen IFI27 pada kasus-kasus Covid-19, yang bahkan belum dinyatakan positif dengan tes PCR.

Penelitian dilakukan pada 400 petugas keseatan Inggris. Mereka diminta menyelesaikan kuesioner mingguan mengenai gejala Covid-19 dan memberikan sampel darah serta swap untuk pengujian PCR selama enam bulan.

Dari 41 nakes yang positif Covid-19, gen IFI27 aktif pada saat mereka dites PCR pertama, bahkan ketika mereka tanpa gejala/

"Dalam beberapa kasus, IFI27 dapat memprediksi infeksi satu minggu sebelum tes PCR positif," kata rekan penulis Joshua Rosenheim dari University College London.

Secara keseluruhan, pengujian untuk IFI27 dengan benar mengidentifikasi 84 persen kasus Covid-19 dan dengan benar mengesampingkannya pada 95 persen nakes yang tidak terinfeksi.

Meski begitu, pengujian biomaker darah seperti IFI27 juga dapat menandakan virus lain, sehingga PCR masih menjadi standar emas untuk mendiagnosis Covid-19.

"Namun, pengujian biomarker darah masih berharga. IFI27 memprediksi infeksi meskipun orang tersebut tidak memiliki gejala dan sering sebelum tes PCR positif, sehingga dapat digunakan selama pelacakan kontak," kata Rosenheim.

Tes IFI27 pada orang yang baru melakukan kontak dengan pasien Covid-19 yang dikonfirmasi, dapat memungkinkan diagnosis dan perawatan lebih awal, bahkan memungkinkan untuk direkomendasikan isolasi diri dengan cara yang lebih tepat sasaran.

ARTIKEL LAINNYA