Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Kota Di China Terendam Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 20 Juli 2021, 22:56 WIB
Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Kota Di China Terendam Air
Seorang warga mengenakan penutup hujan berdiri di jalan yang banjir di Zhengzhou, provinsi Henan, China pada 20 Juli 2021/Reuters
rmol news logo Hujan deras mengguyur provinsi Henan di China tengah pada Selasa (20/7) membuat sungai-sungai besar di sekitarnya meluap dan jalan-jalan di sejumlah kota sekitarnya.

Reuters mengabarkan, banjir terjadi ibu kota provinsi Zhengzhou, di tepi Sungai Kuning. Penduduk setempat harus menghadapi genangan air setinggi lutut untuk menyeberangi persimpangan jalan.

Sementara itu di Ruzhou, sebuah kota di barat daya Zhengzhou, jalan-jalan telah berubah menjadi aliran deras dan menyapu mobil serta sejumlah kendaraan di sana.

Sejauh ini belum ada laporan soal korban luka ataupun jiwa akibat bencana ini. Meski begitu, kehidupan sehari-hari dari 94 juta orang di provinsi itu telah terganggu akibat penutupan transportasi.

Di Henan, pusat logistik utama ditutup, layanan kereta api ditangguhkan, serta sejumlah jalan raya juga ditutup dna penerbangan ditunda atau dibatalkan akibat banjir tersebut.

Henan yang merupakan provinsi berpenduduk dua kali lipat ukuran Austria itu diketahui telah dilanda badai sejak akhir pekan kemarin di musim hujan yang luar biasa aktif.

Akibat curah hujan yang terus menerus, salah satu sungai terbesar di wilayah itu, yakni Sungai Yi meluap dan membanjiri daerah sekitanya.

Di tengah situasi tersebut, terjadi insiden di Dengfeng di mana pabrik paduan aluminium meledak pada hari Selasa (20/7) ketika air dari sungai mengalir ke pabrik.

Bukan hanya itu, sekitar 31 waduk besar dan sedang di provinsi ini telah melampaui tingkat peringatannya.

Menurut data setempat, sejak akhir pekan kemarin, 3.535 stasiun cuaca di Henan melihat curah hujan melebihi 50 mm, di mana 1.614 tingkat terdaftar di atas 100 mm dan 151 di atas 250 mm.

Curah hujan tertinggi tercatat terjadi di kota Lushan, dengan curah hujan 498 mm.

"Ini adalah hujan terberat sejak saya lahir, dengan begitu banyak tempat yang familiar tergenang air," kata seorang pengguna internet di kota Gongyi yang terendam banjir di media sosial China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA