Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sero Survei: Dua Dari Tiga Orang Di India Sudah Memiliki Antibodi Covid-19

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 21 Juli 2021, 07:22 WIB
Sero Survei: Dua Dari Tiga Orang Di India Sudah Memiliki Antibodi Covid-19
India alami tren penurunan infeksi harian virus corona setelah dihantam gelombang kedua Covid-19/Net
Sebuah sero survei yang dilakukan di India dari Juni hingga Juli menunjukkan dua pertiga dari populasi negara Asia Selatan tersebut sudah memiliki antibodi terhadap virus corona atau SARS-CoV-2.

Sero survei atau survei serum darah itu merupakan yang keempat kalinya dilakukan secara nasional untuk menguji antibodi Covid-19. Survei ini dilakukan pada 29 ribu orang di seluruh negara, termasuk 8.691 anak berusia 6-17 tahun untuk pertama kalinya.

Mengutip hasil data yang dirilis pada Selasa (20/7), Reuters memuat, 67,6 persen orang dewasa menunjukkan seropositif, sementara lebih dari 62 persen orang dewasa di India ketika itu belum divaksinasi.

Hingga Juli, hanya sekitar lebih dari 8 persen warga dewasa India yang memenuhi syarat untuk menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Sedangkan setengah dari anak-anak yang disurvei juga telah menunjukkan antibodi.  

Secara keseluruhan, sekitar 400 juta dari 1,4 miliar penduduk India tidak memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Studi ini juga mensurvei 7.252 petugas kesehatan dan menemukan 85 persen di antaranya memiliki antibodi, dengan satu dari 10 tidak divaksinasi.

Saat ini, kasus harian Covid-19 di India telah menunjukkan tren perunurunan ke posisi terendah sejak gelombang kedua yang merontokan sistem kesehatan.

Meski begitu, para ahli memperingatkan pihak berwenang untuk tidak segera melonggarkan protokol kesehatan dan membuka kembali kota-kota.

"Gelombang kedua masih bertahan. Bahaya wabah baru sangat besar di sana. Satu dari tiga, di mana pun Anda berada masih rentan dan oleh karena itu pandemi belum berakhir," imbau penasihat utama pemerintah, Vinod Kumar Paul.

ARTIKEL LAINNYA