Farah.ID
Farah.ID

Walau Sedang Berselisih, Korsel Dan Jepang Satu Suara Dengan AS Kirim Pesan Ke Korut

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 21 Juli 2021, 11:59 WIB
Walau Sedang Berselisih, Korsel Dan Jepang Satu Suara Dengan AS Kirim Pesan Ke Korut
Pertemuan trilateral antara Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jung Kun, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori, dan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman di Tokyo pada 21 Juli 2021/Net
Amerika Serikat (AS), Jepang dan Korea Selatan satu suara menyampaikan pesan yang jelas kepada Korea Utara terkait upaya memajukan kembali negosiasi denuklirisasi.

Hal itu dibahas dalam pembicaraan tiga arah antara Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori, dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jung Kun di Tokyo pada Rabu (21/7).

"Koordinasi yang erat itu mengirimkan pesan yang sangat penting ke Korea Utara bahwa kita bersama-sama dan bahu-membahu dalam kebijakan ini," ujar Sherman, seperti dikutip Reuters.

Sherman mengatakan, AS siap untuk terlibat dengan Korea Utara bersama dengan Korea Selatan dan Jepang.

"Kami berharap mereka akan merespons secara positif, tetapi seperti yang dikatakan rekan-rekan saya, kami harus bersabar," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Mori menyampaikan kerjasama trilateral dengan Korea Selatan dan AS sangat penting untuk denuklirisasi Korea Utara.

"Langkah Korea Utara selanjutnya tidak dapat diprediksi," kata Mori.

Chi sendiri menggambarkan masalah nuklir Korea Utara sebagai "permainan panjang" yang membutuhkan kesabaran.

Pertemuan tersebut dilakukan ketika hubungan antara Korea Selatan dan Jepang tengah memanas. Bahkan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah membatalkan rencananya untuk menghadiri Olimpiade Tokyo.

ARTIKEL LAINNYA