Farah.ID
Farah.ID

India Catat 45 Ribu Kasus Jamur Hitam Hanya Dalam Dua Bulan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 22 Juli 2021, 08:24 WIB
India Catat 45 Ribu Kasus Jamur Hitam Hanya Dalam Dua Bulan
Ilustrasi/Net
India sudah melaporkan lebih dari 45 ribu kasus mucormycosis atau jamur hitam yang mematikan selama dua bulan terakhir.

Menurut data pemerintah, jumlah kasus tertinggi dilaporkan di negara bagian Maharashra, dengan 9.348 orang terinfeksi.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan pada Selasa (20/7) menyebut sudah ada lebih dari 4.200 orang yang meninggal dunia karena penyakit tersebut, seperti dikutip Channel News Asia.

Infeksi jamur hitam memiliki angka kematian hingga lebih dari 50 persen. Selama ini infeksi itu jarang terjadi, namun terjadi pembengkakan signifikan selama pandemi, yang biasanya menyerang pasien sudah pulih dari Covid-19.

Selain mematikan, mucormycosis adalah penyakit yang sangat agresif dan ahli bedah telah dipaksa untuk menghilangkan mata, hidung dan rahang dari pasien untuk menghentikan penyebarannya ke otak.

Sebelum pandemi, India hanya menangani rata-rata 20 kasus jamur hitam per tahunnya. Mereka yang terserang penyakit ini adalah orang-orang dengan kekebalan yang sangat berisiko, termasuk memiliki kadar gula tinggi, HIV, atau penerima transplantasi organ.

Para ahli mengaitkan peningkatan baru-baru ini dengan penggunaan steroid yang berlebihan untuk mengobati Covid-19.

Akibat lonjakan kasus, pemerintah India memperkirakan jamur hitam dapat menjadi epidemi pada Mei. Tetapi data menunjukkan terjadi menurunan kasus secara substansial.

ARTIKEL LAINNYA