Farah.ID
Farah.ID

Bantu Fasilitasi Perdamaian, AS Tunjuk Utusan Khusus Untuk Haiti

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 22 Juli 2021, 21:57 WIB
Bantu Fasilitasi Perdamaian, AS Tunjuk Utusan Khusus Untuk Haiti
Amerika Serikat menunjuk seorang utusan khusus yang akan ditugaskan untuk membantu mengoordinasikan bantuan Amerika Serikat di Haiti/Net
Amerika Serikat menunjuk seorang utusan khusus yang akan ditugaskan untuk membantu mengoordinasikan bantuan Amerika Serikat di Haiti. Dia adalah Daniel Foote, seorang anggota karir dari Dinas Luar Negeri Senior. Foote akan bekerja bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Haiti Michele Sison.

Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat pada Kamis (22/7), Foote juga akan bertugas untuk mempromosikan perdamaian jangka panjang serta mendorong pemilihan umum di negara itu, pasca pembunuhan presiden Haiti Jovenel Moise bulan ini.

"Utusan Khusus akan terlibat dengan Haiti dan mitra internasional untuk memfasilitasi perdamaian dan stabilitas jangka panjang dan mendukung upaya untuk mengadakan pemilihan presiden dan legislatif yang bebas dan adil," begitu kutipan pernyataan itu.


“Dia juga akan bekerja dengan mitra untuk mengoordinasikan upaya bantuan di beberapa bidang, termasuk bantuan kemanusiaan, keamanan, dan investigasi," sambung pernyataan yang sama, sebagaimana dimuat Channel News Asia.

Foote bukan nama baru di kancah diplomatik Amerika Serikat. Sebelumnya dia pernah menjabat dua kali sebagai wakil kepala misi di Haiti dan menjadi duta besar Amerika untuk Zambia hingga Januari 2020.

ARTIKEL LAINNYA