Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lockdown Berkepanjangan, 15 Staf KBRI Pyongyang Tinggalkan Korea Utara Lewat China

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 23 Juli 2021, 22:04 WIB
Lockdown Berkepanjangan, 15 Staf KBRI Pyongyang Tinggalkan Korea Utara Lewat China
Sebanyak 15 staf Kedutaan Besar RI di Pyongyang, termasuk dutabesar, meninggalkan Korea Utara jelang akhir pekan ini untuk pulang ke Indonesia melalui China/Antara
Sebanyak 15 staf Kedutaan Besar RI di Pyongyang, termasuk dutabesar, meninggalkan Korea Utara jelang akhir pekan ini untuk pulang ke Indonesia melalui China.

Kantor Berita Antara mengabarkan, rombongan diplomat tersebut tiba di Dandong, Provinsi Liaoning, China melalui jalur darat yang terpisahkan oleh sungai dengan wilayah Korea Utara pada Jumat (23/7).

Kini, rombongan tersebut akan menjalani karantina selama 14 hari di China sebelum diperkenankan pulang ke Indonesia.

Diketahui bahwa Kementerian Luar Negeri RI sebelumnya telah memutuskan untuk memulangkan dutabesar serta diplomat dari Korea Utara sebagai respon atas langkah penguncian atau lockdown akibat Covid-19 yang diberlakukan di negara itu.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah Korea Utara sejak akhir tahun 2020 lalu telah mempersilakan perwakilan asing untuk sementara waktu memindahkan atau memulangkan staf diplomatik asing atau perwakilan organisasi internasional dari negara itu.

Hal ini dikararenakan pemerintah negara itu telah memberlakukan lockdwn dengan menutup akses lalu lintas orang dan barang.

"Kebijakan ini diberlakukan oleh pemerintah Korea Utara sejak awal pandemi hingga batas waktu yang belum ditentukan," jelasnya pada Kamis (22/7).

ARTIKEL LAINNYA