Farah.ID
Farah.ID

Walau Punya Tingkat Vaksinasi Yang Tinggi, Joe Biden Cemas Dengan Sebaran Varian Delta Di AS

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 25 Juli 2021, 10:58 WIB
Walau Punya Tingkat Vaksinasi Yang Tinggi, Joe Biden Cemas Dengan Sebaran Varian Delta Di AS
Presiden AS Joe Biden/Net
Amerika Serikat (AS) menjadi satu dari sedikit negara yang memiliki tingkat vaksinasi tinggi di dunia. Namun begitu, AS tetap mengalami lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut Our World in Data pada Minggu (25/7), sebanyak 56,5 persen populasi di Amerika Serikat (AS) sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sebanyak 49 persen di antaranya juga sudah mendapat dua dosis vaksin.

Tetapi jumlah kasus baru Covid-19 di AS justru meningkat pesat. Hal itu disebabkan oleh penyebaran virus corona varian Delta yang lebih menular.

Washington Post melaporkan, pemerintahan Biden mengalami frustasi dengan kehadiran varian Delta. AS juga telah mengalihkan perhatian dan sumber daya dari prioritas lain ke penyebaran varian ini.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki secara tidak langsung mengkonfirmasi bahwa Biden saat ini paling disibukkan dengan pandemi.

"Mengendalikan pandemi (dan) melindungi orang Amerika dari penyebaran virus telah dan terus menjadi prioritas nomor satu. Itu akan terus menjadi prioritasnya untuk bergerak maju. Tidak diragukan lagi," ujar Psaki.

Saat ini, pemerintahan Biden memperkirakan situasi wabah baru di Amerika. Berdasarkan model analitik saat ini, diprediksi akan ada 200 ribu kasus Covid-19 setiap harinya, dengan kematian mencapai lebih dari 700 orang per hari.

ARTIKEL LAINNYA