Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Macan Tutul Salju Di Kebun Binatang San Diego Positif Covid-19

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 25 Juli 2021, 17:09 WIB
Macan Tutul Salju Di Kebun Binatang San Diego Positif Covid-19
Ramil, seekor macan tutul salju di Kebun Binatang San Diego tertular Covid-19/Net
Seekor macan tutul salju di Kebun Binatang San Diego tertular Covid-19.

Hal ini diketahui setelah penjaga memperhatikan bahwa Ramil, macan tutul salju jantan berusia 9 tahun, menderita batuk dan pilek pada Kamis (22/7). Setelah menjalani dua tes terpisah, dia diketahui terpapar virus corona.

Menurut keterangan yang dirilis pihak kebun binatang, seperti dimuat Reuters akhir pekan ini, Ramil tidak menunjukkan gejala tambahan. Namun, karena dia berbagi kandang dengan macan tutul salju betina dan dua macan tutul lainnya, pihak kebun binatang mengasumsikan bahwa Ramil telah menularkan virus corona ke mereka.

Hal itulah yang menyebabkan hewan-hewan itu dikarantina dan kandang mereka ditutup.

Belum diketahui bagaimana Ramil bisa terpapar Covid-19.

Namun, ini bukan kali pertama hewan di kebun binatang terpapar Covid-19. Pada bulan Januari lalu, pasukan delapan gorila di fasilitas kebun binatang, San Diego Zoo Safari Park, tertular Covid-19 dari seorang penjaga yang terjangkit Covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala.

Kasus ini mendorong kebun binatang untuk meminta vaksin eksperimental Covid-19 untuk hewan untuk penggunaan darurat. Vaksin Covid-19 ini dibuat oleh Zoetis, perusahaan kesehatan hewan yang pernah menjadi bagian dari Pfizer. Vaksin eksperimen tersebut diberikan kepada spesies yang paling berisiko tertular Covid-19, termasuk beberapa primata dan kucing besar.

Namun, Ramil belum divaksinasi sebelum dia terinfeksi.

ARTIKEL LAINNYA