Farah.ID
Farah.ID

AS Akan Tingkatkan Serangan Udara Di Afghanistan Jika Taliban Terus Berulah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 26 Juli 2021, 06:17 WIB
AS Akan Tingkatkan Serangan Udara Di Afghanistan Jika Taliban Terus Berulah
Kepala Komando Pusat AS (USCENTCOM) Jenderal Kenneth McKenzie/Net
Amerika Serikat (AS) telah meningkatkan misi serangan udara di Afghanistan, dan akan terus melakukannya jika Taliban tidak berhenti melakukan tindakan ofensif.

Begitu peringatan yang disampaikan oleh Kepala Komando Pusat AS (USCENTCOM) Jenderal Kenneth McKenzie kepada Taliban dalam konferensi pers di Kabul pada Minggu (25/7).

"Amerika Serikat telah meningkatkan serangan udara untuk mendukung pasukan Afghanistan selama beberapa hari terakhir dan kami siap untuk melanjutkan tingkat dukungan ini dalam beberapa pekan mendatang jika Taliban melanjutkan serangan mereka," tekan McKenzie, seperti dikutip Reuters.

Tidak jelas apakah serangan AS juga akan berlanjut setelah 31 Agustus, tenggat waktu seluruh misi militernya di Afghanistan ditarik.

Tetapi McKenzie mengatakan, kemenangan Taliban tidak bisa dihindari, walau solusi politik tetap menjadi kemungkinan.

"Pemerintah Afghanistan menghadapi ujian berat di hari-hari mendatang. Taliban berusaha menciptakan kondisi tak terhindarkan," ujarnya.

Dalam pernyataannya, McKenzie mengungkap, kemungkinan akan ada peningkatan serangan setelah liburan Idul Adha lalu dan Taliban akan fokus pada pusat-pusat kota yang ramai penduduk.

"Mereka harus berurusan dengan kota-kota jika mereka ingin mencoba dan merebut kembali kekuasaan. Saya tidak berpikir itu adalah kesimpulan yang pasti bahwa mereka mereka akan dapat merebut daerah perkotaan ini," jelasnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, di tengah penarikan pasukan AS dan NATO dari Afghanistan, Taliban melancarkan serangan di hampir seluruh wilayah, merebut beberapa pos pemeriksaan dan distrik.

ARTIKEL LAINNYA