Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Austin: AS Berkomitmen Mengejar Hubungan Konstruktif dengan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 28 Juli 2021, 14:40 WIB
Menhan Austin: AS Berkomitmen Mengejar Hubungan Konstruktif dengan China
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin di Singapura pada Selasa (27/7)/AFP
rmol news logo Amerika Serikat berkomiten untuk menjalin hubungan yang konstruktif dengan China. Begitu kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin di Singapura pada awal pekan ini.

"Kami tidak akan gentar ketika kepentingan kami terancam. Namun kami tidak mencari konfrontasi," kata Austin dalam kuliah umum di Fullerton International Institute for Strategic Studies (IISS) di Singapura.

"Saya berkomitmen untuk mengejar hubungan yang konstruktif dan stabil dengan China, termasuk komunikasi krisis yang lebih kuat dengan Tentara Pembebasan Rakyat (China)," tegasnya, sebagaimana dimuat. Channel News Asia.

Dalam pidato yang sama, Austin juga menekanka soal pentingnya aliansi, terutama dengan negara-negara di kawasan.

"Kami tidak meminta negara-negara di kawasan untuk memilih antara Amerika Serikat dan China. Faktanya, banyak kemitraan kami di kawasan ini lebih tua dari Republik Rakyat China sendiri," sambungnya.

Diketahui bahwa Amerika Serikat dan China memiliki hubungan yang rumit. Negeri Paman Sam menempatkan penentangan terhadap China di jantung kebijakan keamanan nasionalnya selama bertahun-tahun.

Bahkan pada pemerintahan Pesiden Joe Biden menyebut persaingan dengan Beijing sebagai "ujian geopolitik terbesar" abad ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA