Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Infeksi Covid-19 Meroket, Thailand Sulap Gudang Kargo Bandara Jadi RS Darurat

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 28 Juli 2021, 21:41 WIB
Infeksi Covid-19 Meroket, Thailand Sulap Gudang Kargo Bandara Jadi RS Darurat
Gudang kargo di Bandara Don Muang Bangkok diubah menjadi rumah sakit lapangan dengan kapasitas 1.800 tempat tidur untuk pasien Covid-19/Reuters
Lonjakan kasus infeksi Covid-19 di Thailand semakin mengkhawatirkan. Kondisi tersebut memkasa pemerintah Thailand untuk bergerak cepat agar semua pasien bisa mendapatkan fasilitas medis demi melawan virus corona.

Salah satu cara terbaru yang ditempuh adalah dengan mengubah gudang kargo di Bandara Don Muang Bangkok menjadi rumah sakit lapangan dengan kapasitas 1.800 tempat tidur. Rumah sakit darurat itu rencananya akan diperuntukan bagi pasien Covid-19 dengan gejala yang tidak terlalu parah.

"Ini adalah rumah sakit lapangan tingkat 1+ di mana dapat menerima sejumlah besar pasien, yang memiliki gejala yang tidak terlalu parah," kata direktur Rumah Sakit Mongkutwattana Rienthong Nanna seperti dikabarkan Reuters pada Rabu (28/7).

“Tetapi jika kondisi pasien memburuk, mereka akan dipindahkan ke rumah sakit lapangan kami yang lain yang disebut Rumah Sakit Lapangan Pitak Rachan (Lindungi Raja),” tambahnya.

Meski begitu, Rienthong yang merupakan seorang pensiunan mayor jenderal itu mengatakan bahwa rumah sakit lapangan belum berdiri utuh karena masih dilakukan sejumlah penyesuaian.

Meski begitu dia menekankan bahwa dalam beberapa waktu ke depan, jumlah infeksi akan terus meningkat dan akan lebih banyak rumah sakit lapangan dibutuhkan.

Diketahui bahwa Thailand melihat tren lonjakan kasus Covid-19 sejak beberapa waktu terakhir. Pada hari ini saja (Rabu, 28/7), negara. itu melaporkan 16.533 kasus baru dengan 133 kematian baru. Sehingga jika diakumulasikan, total ada 543.361 kasus Covid-19 dan 4.397 kematian di negeri gajah putih tersebut.

ARTIKEL LAINNYA