Farah.ID
Farah.ID

Perayaan Dua Abad Kemerdekaan Peru di Jakarta Dimeriahkan Tiga Tarian Tradisional

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 28 Juli 2021, 23:55 WIB
Sebuah perayaan sederhana namun khidmat digelar untuk memperingati 200 tahun kemerdekaan Peru oleh Kedutaan Besar Republik Peru di Jakarta.

Situasi pandemi Covid-19 membuat perayaan tersebut harus dilakukan secara virtual dari Kedubes Peru di Jakarta pada Rabu sore (28/7).

Acara dibuka dengan lagu kebangsaan Peru, Himno Nacional del Peru, dan Indonesia Raya. Lalu disusul dengan sambutan dari Kuasa Usaha Kedubes Peru, Francisco Gutierrez Figueroa.

"Hari ini, 28 Juli, Republik Peru memperingati 200 tahun kemerdekaan. Kami melakukannya di tengah situasi yang menantang, tidak terduga, dan belum pernah terjadi sebelumnya yaitu pandemi Covid-19," ujarnya.

Lewat sambutannya, Gutierrez Figueroa mengatakan deklarasi kemerdekaan Peru pada 1821 merupakan peristiwan penting dalam sejarah Amerika, yang menjadi awal bagi hilangnya kolonialisme Spanyol di benua itu.

Setelah 200 tahun berlalu, Peru terus menghormati peristiwa tersebut dan berusaha untuk menata masa depannya.

Dalam perayaan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga ikut memberikan sambutannya.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya ingin menyampaikan doa dan harapan untuk kemakmuran Republik Peru serta kesejahteraan rakyatnya," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan selamat atas suksesnya pemilu Peru pada 6 Juni 2021. Ia berharap dengan pemerintahan baru, hubungan Peru dan Indonesia yang sudah terjalin selama 46 tahun dapat lebih baik.

Kedubes Peru kemudian menyuguhkan tiga tarian tradisional, yaitu El Condor Pasa, Valicha dan Cilulo. Acara ditutup dengan persembahan lagu dari siswa-siswa SDN 02 Menteng, Jakarta Pusat.

ARTIKEL LAINNYA