Farah.ID
Farah.ID

Varian Delta Serang Thailand, Kamboja Kunci Delapan Provinsi di Perbatasan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 29 Juli 2021, 12:08 WIB
Varian Delta Serang Thailand, Kamboja Kunci Delapan Provinsi di Perbatasan
Kamboja mengunci wilayah-wilayah yang berbatasan dengan Thailand/Net
Tingginya kasus Covid-19 dan penyebaran varian Delta di Thailand membuat Kamboja memulai penguncian di wilayah perbatasan.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen pada Rabu malam (28/7) telah menandatangani perintah penguncian di delapan provinsi yang berbatasan dengan Thailand. Penguncian dimulai pada Kamis malam (29/7) hingga 12 Agustus.

Delapan provinsi tersebut adalah Koh Kong, Pursat, Battambang, Pailin, Banteay Meanchey, Oddar Meanchey, Preah Vihear dan Siem Reap.

Dengan penguncian, otoritas melarang warga meninggalkan rumah mereka, melakukan perkumpulan sosial, dan melakukan bisnis, kecuali bagi mereka yang terlibat dalam mengoperasikan maskapai penerbangan.

"Penguncian sementara bertujuan untuk mencegah penularan berbasis komunitas dari varian baru Covid Delta," kata Hun Sen, seperti dikutip Channel News Asia.

Hun Sen mengatakan, pos pemeriksaan perbatasan dengan Thailand juga akan ditutup kecuali untuk memungkinkan pengangkutan barang dalam keadaan darurat.

Kamboja cukup berhasil menahan sebagian besar virus corona pada awal pandemi. Namun muncul lonjakan kasus pada akhir Februari tahun ini yang membuat infeksi bertambah menjadi total 75.152 kasus Covid-19, dengan 1.339 kematian.

Negara tetangga Thailand juga menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang lebih buruk karena didorong kemunculan varian Delta yang lebih menular.

ARTIKEL LAINNYA