Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bahu-membahu, Maroko-Yunani Sukses Ringkus Senior ISIS

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 29 Juli 2021, 13:11 WIB
Bahu-membahu, Maroko-Yunani Sukses Ringkus Senior ISIS
Ilustrasi/Net
Kerjasama dinas intelijen antara Maroko, Yunani, Italia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) berhasil menangkap seorang petinggi ISIS di Suriah.

Tersangka merupakan seorang warga negara Maroko berusia 28 tahun. Ia dikenal sebagai Abu Muhammad AlFateh dan telah bergabung dengan ISIS di Suriah sejak 2014.

Sebelum memenang posisi senior di ISIS, ia masuk divisi khusus di wilayah Deir ez-Zor, dan di apa yang disebut "polisi agama" atau "Hisbah" di Wilaya Raqqa.

Dari laporan MAP News, penangkapannya dilakukan oleh dinas keamanan Maroko dan Yunani pada Selasa (27/7).

Otoritas kehakiman Maroko telah diberitahu tentang penangkapan tersangka dan koordinasi sedang dilakukan dengan otoritas Yunani melalui kantor Interpol Direktorat Jenderal Keamanan Nasional untuk mengirim dokumen permintaan ekstradisi resmi.

Menurut sumber keamanan, penangkapan tersangka merupakan hasil dari koordinasi bersama dan pertukaran intelijen yang dilakukan dalam kerangka kerja sama keamanan multilateral.

Surat perintah penangkapan internasional dikeluarkan oleh otoritas kehakiman Maroko atas dugaan keterlibatannya dalam mempersiapkan implementasi plot teroris besar dan melakukan operasi sabotase di Maroko.

Al Fateh juga diketahui muncul dalam rekaman video yang mendokumentasikan penargetan seorang pejuang Suriah dengan senjata militer, saat dia memutilasi mayat dan mengancam akan melawan orang-orang yang dia sebut musuh agama.

Menurut intelijen, Al Fateh berhasil melarikan diri dari tempat pertempuran ISIS di Suriah menuju Eropa, khususnya Yunani, dengan menggunakan dokumen pribadi palsu dan identitas palsu. Namun dia diidentifikasi dan ditangkap sebagai bagian dari operasi keamanan bersama.

ARTIKEL LAINNYA