Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Naftali Bennett Akui Punya Bukti Keterlibatan Iran dalam Serangan Kapal Milik Israel di Oman

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 02 Agustus 2021, 06:15 WIB
Naftali Bennett Akui Punya Bukti Keterlibatan Iran dalam Serangan Kapal Milik Israel di Oman
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett/Net
Israel  memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa Iran berada di balik serangan kapal mematikan di lepas pantai Oman yang terjadi pada Kamis (29/7). Hal itu dikatakan oleh Perdana Menteri Israel Naftali Bennett seraya mengingatkan balasan untuk Teheran.

Insiden tersebut dipublikasikan secara luas pada hari Jumat (30/7) setelah dua anggota awak dipastikan tewas.

Bennett mengklaim dalam konferensi pers Minggu (1/8) bahwa orang Iran berada di balik serangan itu, dan mengatakan bahwa mereka ingin menargetkan Israel dan telah menetap di kapal tanker Mercer Street.

"Saya yakin, Iran melakukan serangan terhadap kapal itu," kata Bennett, seperti dikutip dari RT.

“Bukti intelijen untuk ini ada dan kami berharap komunitas internasional akan menjelaskan kepada rezim Iran bahwa mereka telah membuat kesalahan serius," ujarnya.

Iran, lewat juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh telah membantah bertanggung jawab atas serangan itu.

"Rezim Zionis (Israel) telah menciptakan teror dan kekerasan, tuduhan tentang keterlibatan Iran ini dikutuk oleh Teheran," katanya.

Pernyatan tersebut kembali dikomentari Bennett.

"Saya baru saja mendengar bahwa Iran, dengan cara pengecut, berusaha menghindari tanggung jawab atas peristiwa tersebut. Mereka menyangkal hal ini. Kami tahu bagaimana mengirim pesan ke Iran dengan cara kami sendiri,” ujar Bennet.

Serangan itu, tambah perdana menteri, merupakan ancaman bagi kepentingan global, termasuk kebebasan navigasi dan perdagangan internasional.

Dua orang yang tewas dalam serangan itu adalah kapten kapal Rumania dan seorang awak Inggris.

Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB Gilad Erdan mengatakan awal pekan ini bahwa dia telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken untuk merumuskan tanggapan internasional yang nyata dan efektif terhadap peristiwa tersebut.

Serangan terhadap kapal-kapal milik Israel dan Iran telah meningkat frekuensinya di sekitar Teluk Persia.

Israel percaya bahwa Iran melakukan serangan mematikan terhadap kapal tanker minyak sebagai tanggapan atas serangan dunia maya baru-baru ini yang diyakini Teheran dilakukan oleh Israel.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA