Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersangka Rencana Pembunuhan Presiden Madagaskar Ditangkap, Ada Lima Jenderal dan Perwira Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 02 Agustus 2021, 13:00 WIB
Tersangka Rencana Pembunuhan Presiden Madagaskar Ditangkap, Ada Lima Jenderal dan Perwira Polisi
Presiden Andry Rajoelina/Net
rmol news logo Pihak berwenang Madagaskar kembali mengumumkan penangkapan sejumlah tersangka yang terlibat upaya pembunuhan Presiden Andry Rajoelina.

Keterangan tersebut disampaikan Jaksa agug Madagaskar Berthine Razafiarivony dalam sebuah jumpa pers pada Minggu (1/8). Mereka yang ditangkap termasuk lima jenderal serta perwira tinggi polisi.

“Hingga saat ini, 21 orang telah ditangkap dan diselidiki,” kata Razafiarivony, seperti dikutip dari AFP, Seni (2/8).

Awalnya pihak berwenang menangkap enam orang tersangka, termasuk dua warga negara Prancis, karena dicurigai terlibat dalam upaya pembunuhan yang gagal tersebut.

“Di antara penangkapan terbaru, 12 adalah personel militer dan polisi aktif, termasuk lima jenderal, dua kapten dan lima bintara,” kata jaksa agung.

“Empat dari mereka yang ditangkap adalah pensiunan polisi dan militer nasional dan asing, dan lima adalah warga sipil,” katanya.

Dalam penangkapan terbaru, pihak berwenang menyita 209.300 euro (250.000 dolar AS), dua mobil serta sebuah senapan, menurut Razafiarivony.

Laporan rencana pembunuhan muncul setelah beberapa bulan pergolakan di negara kepulauan itu, dengan ancaman diarahkan pada jurnalis yang melaporkan pandemi virus corona serta kelaparan yang berkembang di selatan negara itu .

Rajoelina (47) pertama kali merebut kekuasaan pada Maret 2009 dari Marc Ravalomanana dengan dukungan militer.

Dia memenangkan pemungutan suara terakhir pada Desember 2018, mengalahkan Ravalomanana dalam pemilihan yang dilanda tuduhan penipuan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA