Farah.ID
Farah.ID

Undang Ratusan Tamu Saat Corona Mengamuk, Pesta Ultah Barack Obama jadi Bulan-bulanan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 03 Agustus 2021, 10:41 WIB
Undang Ratusan Tamu Saat Corona Mengamuk, Pesta Ultah Barack Obama jadi Bulan-bulanan
Mantan Presiden AS barack Obama/Net
Rencana pesta ulang tahun ke-60 mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang akan digelar pada akhir pekan ini sudah memicu banyak kritik di tengah kekhawatiran menyebarnya varian Delta.

Berdasarkan rencana, Obama yang akan berulang tahun pada 4 Agutus, akan menggelar pesta di tepi pantai, di mana ia memiliki properti pribadi di pulau Martha's Vineyard, Massachusetts.

Sebuah laporan menyebut keluarga Obama setiap tahunnya berlibur ke properti tersebut, dengan luas 29 hektar yang telah dibelinya pada 2019 seharga hampir 12 juta dolar AS.

Sebanyak 475 tamu, temasuk Oprah Winfrey, George Clooney, dan Steven Spielberg diperkirakan akan hadir. Sementara Obama sendiri memiliki setidaknya 200 staf untuk melayani para tamu.

Seorang sumber menegaskan, pesta akan digelar mengikuti semua protokol kesehatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Semua tamu akan diminta menunjukkan bukti vaksinasi atau tes Covid-19 negatif.

AS sendiri tidak memiliki aturan resmi mengenai aturan di luar ruangan. Namun sebuah kawasan di Martha's Vineyard, Kebun Anggur Martha, telah ditetapkan CDC sebagai zona sebaran Covid-19 "sedang" sejak perayaan 4 Juli.

Direktur Institut Kesehatan Nasional Francis Collins pada Minggu (1/8) mengatakan, pesta besar harus dihindari karena lonjakan kasus Covid-19 di AS.

"Jika Anda berbicara tentang pesta kecil seperti yang mungkin saya adakan di rumah saya untuk enam atau delapan orang yang semuanya telah divaksinasi lengkap, saya tidak percaya, pada titik ini, kita perlu mengenakan masker untuk berada di samping satu sama lain," ujarnya.

“Tetapi jika ada 100 orang, dan, tentu saja, bagaimana Anda benar-benar yakin tentang status vaksinasi orang?” tambahnya.

Sementara itu, lonjakan kasus Covid-19 di AS diperburuk dengan penyebaran varian Delta. CDC melaporkan, varian Delta berkontribusi pada hampir 90 persen kasus baru di AS.

ARTIKEL LAINNYA