Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inggris Ingin Tempatkan Kapal Perang di Asia Pasifik, Korut: Ini Provokasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 03 Agustus 2021, 21:23 WIB
Inggris Ingin Tempatkan Kapal Perang di Asia Pasifik, Korut: Ini Provokasi
Kapal induk Inggris, HMS Elizabeth/Net
rmol news logo Rencana Inggris untuk menempatkan dua kapal perangnya secara permanen di kawasan Asia-Pasifik dipandang sebagai provokasi oleh Korea Utara.

Baru-baru ini, Inggris berencana untuk meningkatkan keterlibatannya di Asia setelah menyatakan kekhawatiran atas meningkatnya pengaruh China di kawasan tersebut, khususnya terkait Taiwan.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace juga mengatakan Korea Utara dan China berusaha mengisolasi Jepang dan Korea Selatan dengan mengancam kebebasan navigasi di Indo-Pasifik.

Menanggapi rencana dan pernyataan tersebut, seorang pejabat Korea Utara menyebut Inggris melakukan provokasi.

"Ini semacam provokasi terhadap kami bahwa Inggris, yang mengintensifkan situasi dengan mendorong kapal perangnya ke Asia-Pasifik yang jauh, mengutip 'ancaman' kami sebagai alasan," ujar pejabat tersebut dalam situs kementerian luar negeri Korea Utara.

"Ini hanya akan menghasilkan perlawanan yang kuat dari negara-negara lokal dan ketegangan dalam situasi regional yang sudah sensitif," tambahnya, seperti dikutip Channel News Asia.

Inggris juga telah mengerahkan kapal induknya, HMS Queen Elizabeth dan kapal-kapal pengawalnya melalui perairan yang menjadi sengketa oleh China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA