Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Insiden Penembakan Kapal Milik Israel di Oman, Naftali Bennet: Iran Sudah Tahu Harga yang Harus Dibayar

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 07:54 WIB
Insiden Penembakan Kapal Milik Israel di Oman, Naftali Bennet: Iran Sudah Tahu Harga yang Harus Dibayar
Perdana Menteri Naftali Bennett/Net
Di tengah upaya menggalang kekuatan global untuk menekan Iran atas serangan yang dilakukannya terhadap sebuah kapal tanker MT Mercer Street yang dikelola Israel di lepas pantai Oman pekan lalu, Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan bahwa negaranya mampu merespon sendiri jika memang perlu.

Berdiri di samping para jenderal militer selama tur ke perbatasan utara Israel dengan Suriah dan Lebanon pada Selasa (3/8), Bennett mengatakan Israel telah berbagi informasi intelijen dengan Amerika Serikat, Inggris, dan lainnya yang mengikat Iran dalam serangan itu.

“Kami bekerja untuk menggalang dunia, tetapi pada saat yang sama kami juga tahu untuk bertindak sendiri,” kata Bennett, seperti dikutip dari AFP.

“Iran sudah tahu harga yang harus dibayar ketika seseorang mengancam keamanan kami. Iran perlu memahami bahwa tidak mungkin untuk duduk dengan tenang di Teheran dan menyalakan seluruh Timur Tengah dari sana. Itu sudah berakhir,” lanjutnya.

Amerika Serikat, Inggris, dan Israel kompak menyalahkan Iran untuk serangan pesawat tak berawak yang diduga Kamis di mana dua anggota awak, seorang warga Inggris dan Rumania, tewas. Teheran sendiri membantah terlibat dalam insiden tersebut.

Iran mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan segera menanggapi setiap ancaman terhadap keamanannya.

Dalam beberapa bulan terakhir terjadi aksi saling tuding antara Israel dan Iran soal siapa melakukan serangan terhadap kapal masing-masing.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA