Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Akhirnya, ASEAN Tunjuk Menlu Brunei Sebagai Utusan Khusus untuk Myanmar

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 15:44 WIB
Akhirnya, ASEAN Tunjuk Menlu Brunei Sebagai Utusan Khusus untuk Myanmar
Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam Erywan Yusof/Net
ASEAN pada akhirnya telah sepakat menyerahkan posisi utusan khusus untuk Myanmar kepada Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam Erywan Yusof.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan khusus menteri luar negeri ASEAN secara virtual selama 40 menit pada Rabu (4/8).

Penunjukkan Erywan mengakhiri perdebatan mengenai sosok yang akan mewakili ASEAN untuk menengahi krisis di Myanmar yang sudah terjadi sejak penggulingan pemerintahan sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari.

Dikutip dari Kyodo News, penunjukkan Erywan juga telah dikonfirmasi oleh pihak Myanmar, sehingga ASEAN dapat mengadopsi komunike bersama terkait ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang digelar pada Senin (2/8).

Penunjukkan utusan khusus untuk Myanmar merupakan tindak lanjut dari lima poin konsensus yang telah disepakati oleh para pemimpin ASEAN pada April untuk mengatasi krisis di Myanmar.

Namun proses ini mengalami kendala ketika junta Myanmar mendorong agar Wakil Menteri Luar Negeri Virasakdi Futrakul mengisi posisi tersebut. Akibatnya, penunjukkan Erywan menjadi tertunda.

Setelah itu, muncul dua nama baru sebagai alternatif, termasuk mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Hassan Wirajuda.

Dengan dipilihnya Erywan, diharapkan Brunei yang saat ini sebagai Ketua ASEAN dapat memfasilitasi dialog pihak-pihak terkait di Myanmar dan menjadi solusi damai.

ARTIKEL LAINNYA