Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tiga Roket Ditembakkan dari Lebanon ke Israel, IDF Balas dengan Beri Tembakan Artileri

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 23:04 WIB
Tiga Roket Ditembakkan dari Lebanon ke Israel, IDF Balas dengan Beri Tembakan Artileri
Mobil paramedis mendekat ke lokasi tembakan roket. Nampak asap membubung dari lokasi roket mendarat di dekat kota utara Kiryat Shmona, pada 4 Agustus 2021/Net
Tiga roket ditembakkan dari Lebanon ke wilayah Kiryat Shmona Israel pada Rabu siang (4/8). Sirene tanda peringatan pun langsung berbunyi, menggemparkan suasana siang yang terik di daerah Kiryat Shmona, Kfar Giladi dan Tel Hai yang terletak di dekat perbatasan.

Sirene yang mengejutkan itu membuat penduduk berebut ke tempat perlindungan di kota perbatasan. Asap nampak mengepul dari lokasi yang ditembakkan. Bahkan, salah satu roket menyebabkan kebakaran besar di lapangan dekat Kiryat Shmona

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melaporkan hal itu kepada kantor berita Times of Israel. Mereka pun segera meluncurkan tembakan balasan ke Lebanon.

"Tiga roket baru saja ditembakkan dari Libanon ke Israel utara. Dua roket mendarat di Israel, dan yang satunya jatuh di perbatasan Lebanon. Sebagai tanggapan, pasukan artileri kami memberi tembakan ke Libanon," kata pernyataan IDF.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun, beberapa orang terkena serangan panik. Empat di antaranya mendapatkan perawatan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa mereka meyakini kelompok bersenjata lokal Palestina yang menembakkan roket tersebut, bukan organisasi teror Hizbullah.

IDF menyampaikan ke Libanon melalui pasukan penjaga perdamaian PBB bahwa Israel dapat mengintensifkan tanggapannya jika Lebanon tidak bisa membuat ketenangan.

Menteri Pertahanan Benny Gantz mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah mengirim pesan yang kuat kepada UNIFIL atas tembakan roket dari Lebanon tersebut. Saat ini Gantz bersama Perdana Menteri Israel Naftali Bennettsedang melakukan konsultasi tentang masalah keamanan di Knesset.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA