Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Penasihat Presiden Suriah: China Lebih Mampu Mengendalikan Pandemi Dibanding Negara-negara Barat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 09:18 WIB
Penasihat Presiden Suriah: China Lebih Mampu Mengendalikan Pandemi Dibanding Negara-negara Barat
Penasihat politik presiden Suriah, Buthaina Shabaan/Net
Tuduhan yang dialamatkan Amerika Serikat tentang asal-usul virus corona kepada China mendapat pembelaan dari penasihat politik presiden Suriah, Buthaina Shabaan.

Menurutnya, tuduhan tersebut merupakan sesuatu yang sangat tidak pantas dilakukan kepada negara yang sudah memberi bantuan ke banyak negara di dunia.

"Tidak pantas AS menuduh China dalam hal ini karena China adalah negara yang memerangi pandemi dengan efisiensi tinggi dan negara yang menawarkan bantuan bagi banyak negara untuk memerangi pandemi," katanya dalam wawancara dengan Xinhua saat berpartisipasi dalam perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Suriah-China yang diadakan di Damaskus.

Dia juga menekankan bahwa Amerika Serikat tidak dapat menyesatkan siapa pun dengan tuduhan seperti itu karena "dunia tahu apa asal usul tuduhan ini."

Selain itu, Shabaan meminta negara-negara Barat, terutama AS, untuk mengubah posisi mereka dan menyadari bahwa mereka hidup di dunia sebagai satu keluarga dan di satu planet.

"China jauh lebih mampu daripada negara-negara Barat dalam mengendalikan epidemi ini, dan itu memberikan contoh," katanya, seraya berterima kasih kepada China atas upayanya mengendalikan eidemi.

Sejak merebaknya virus corona di Suriah pada Maret 2020, China telah memberikan berbagai jenis bantuan medis dan peralatan khusus untuk membantu negara itu melawan pandemi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA