Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sehari Dilantik, Presiden Raisi Terima Pesan dari AS: Segera Lanjutkan Negosiasi Kesepakatan Nuklir

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 06 Agustus 2021, 10:42 WIB
Sehari Dilantik, Presiden Raisi Terima Pesan dari AS: Segera Lanjutkan Negosiasi Kesepakatan Nuklir
Presiden Iran Ebrahim Raisi/Net
Amerika Serikat (AS) mendesak Presiden baru Iran, Ebrahim Raisi untuk kembali ke negosiasi kesepakatan nuklir yang saat ini terhenti.

Jurubicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price memperingatkan, proses negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir yang sudah berlangsung sejak April di Wina, Austria tidak dapat berlangsung tanpa batas.

"Pesan kami kepada Presiden Raisi sama dengan pesan kami kepada para pendahulunya... Kami mendesak Iran untuk segera kembali ke negosiasi sehingga kami dapat berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan," ujar Price, seperti dimuat Reuters, Jumat (6/8).

Price menegakan, Washington akan membela dan memajukan kepentingan nasional dan sekutu-sekutu. Untuk itu, Iran harus mengedepankan solusi diplomatik.

Sementara itu, Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, Presiden Joe Biden masih menunggu untuk melihat kelanjutan negosiasi di bawah pemerintahan Raisi.

Raisi sendiri telah dilantik sebagai presiden Iran pada Kamis (5/8), menggantikan Hassan Rouhani. Dalam pidato pelantikannya, ia berjanji untuk mengakhiri sanksi AS terhadap Iran.

Sejak AS di bawah pemerintahan Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada Mei 2018, Iran secara bertahap mengurangi kepatuhannya. Itu terjadi ketika Trump memberlakukan banyak sanksi kepada Teheran.

Setelah Biden dilantik, AS berupaya untuk kembali ke JCPOA. Saat ini perundingan secara tidak langsung dengan pemerintahan Biden tengah dilakukan.

ARTIKEL LAINNYA