Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Seribu Petugas Dikerahkan untuk Bantu Memerangi Kebakaran Hutan Yunani, termasuk dari Israel dan Siprus

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 07 Agustus 2021, 08:23 WIB
Seribu Petugas Dikerahkan untuk Bantu Memerangi Kebakaran Hutan Yunani, termasuk dari Israel dan Siprus
Api berkobar di dekat pemukiman di desa Afidnes, sekitar 30 kilometer utara Athena, Yunani, pada Jumat 6 Agustus 2021/Net
Tim pemadam kebakaran Israel bergerak ke Athena pada Jumat (6/8) dalam upaya membantu memadamkan kebakaran hutan. Sebanyak 16 personel berangkat dengan membawa perlengkapan termasuk juga sejumlah besar bahan tahan api.

Api berkobar menghanguskan ribuan hektar hutan rimbun yang berubah menjadi abu di pinggiran timur laut Attica, Yunani. Kebakaran juga menjalar ke dekat ibu kota Athena. Ini adalah hari keempat kebakaran besar melanda Yunani di luar kendali, memaksa penduduk berlarian meninggalkan rumah.

Menteri Luar Negeri Yair Lapid mengatakan, seluruh wilayah saat ini sedang menghadapi tantangan perubahan iklim dan kebakaran mengancam nyawa dan harta benda. Termasuk juga di Yunani.

“Israel datang untuk membantu Yunani karena persahabatan dan saling membantu. Saya berterima kasih kepada petugas pemadam kebakaran yang pergi atas nama Negara Israel untuk membantu teman-teman Yunani kami," kata Lapid, seperti dikutip dari Times of Israel.

Kebakaran telah melanda Yunani dan negara tetangga Turki dalam beberapa hari terakhir karena gelombang panas. Api mengancam daerah berpenduduk, instalasi listrik, dan situs bersejarah.

Di Yunani, petugas pemadam kebakaran berjuang melawan 56 kebakaran hutan aktif. Beberapa perintah evakuasi dikeluarkan untuk daerah berpenghuni di daratan utama dan pulau terdekat Evia, sementara api di dekat Athena membakar hutan dan rumah di jalurnya menuju Danau Marathon, reservoir air utama ibu kota.

“Kami melanjutkan upaya kami jam demi jam untuk mengatasi beberapa kebakaran yang kami hadapi hari ini,” kata kepala Perlindungan Sipil Nikos Hardalias. Menekankan bahwa kondisi sangat berbahaya, sebab ada banyak angin kencang pada Jumat sore di beberapa wilayah yang kebakaran.

Sejauh ini kebakaran telah menewaskan seorang pria 38 tahun setelah mengalami cedera kepala akibat tiang listrik yang jatuh di Ippokrateios Politeia, salah satu lingkungan di utara Athena yang terkena dampak kebakaran.

Di Evia, penjaga pantai melakukan operasi besar untuk mengevakuasi ratusan orang melalui laut, menggunakan kapal patroli, kapal nelayan dan turis, serta kapal pribadi untuk menyelamatkan penduduk dan wisatawan hingga Jumat malam. Lusinan desa dan lingkungan lain dikosongkan di wilayah Peloponnese selatan dan tepat di utara ibu kota Yunani saat kobaran api menjalar melalui hutan pinus.

Kepala penjaga pantai di kota Aidipsos di Evia, Sotiris Danikas mengatakan bahwa kebakaran itu telah memporakporandakan banyak hal.

“Kita berbicara tentang kiamat, saya tidak tahu bagaimana menggambarkannya,” kata Danikas.

Selain Israel, Siprus Yunani juga mengirim puluhan petugas pemadam kebakaran. Total jumlah petugas pemadam kebakaran nyaris mencapai 1.000 personil yang berdatangan dari Prancis, Swiss, Rumania, Kroasia, dan Swedia. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA