Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kenalkan Kopi Indonesia, KBRI di Mesir Gelar Lomba Top Barista

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Agustus 2021, 07:25 WIB
Kenalkan Kopi Indonesia, KBRI di Mesir Gelar Lomba Top Barista
Dutabesar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dalam Festival Kopi yang digelar di New Cairo/KBRI Mesir
Sebagai salah satu produk unggulan Indonesia, komoditas kopi terus dipromosikan ke mancanegara. Berbagai pendekatan dalam diplomasi kopi terus dilakukan, termasuk oleh Kedutaan Besar RI di Kairo.

Setelah menggelar acara Diplomasi Kopi di berbagai kota di Mesir, KBRI Kairo kembali berpartisipasi dalam kegiatan Festival Kopi. KBRI bahkan menggelar Lomba Top Barista yang menjadi rangkaian Festival Kopi untuk menghadirkan para barista kopi papan atas serta pameran dari beragam perusahaan pengolah kopi Mesir.

Dari keterangan KBRI Kairo pada Minggu (8/8), lomba secara resmi dibuka oleh Dutabesar RI untuk Mesir Lutfi Rauf di Hotel Tolip Al Nagres, New Cairo. Rangkaian acara Festival Kopi sendiri berlangsung dari Kamis (5/8) hingga Sabtu (7/8).

"Ini benar-benar waktu yang tepat untuk memperkenalkan kopi Indonesia dalam ajang lomba Top Barista. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, para pelaku bisnis Kopi Mesir bisa tetap agresif mengimpor kopi terbaik Indonesia dengan berbagai ragam aroma dan citarasanya," ujar Dubes Lutfi Rauf.

Dalam kegiatan tersebut, Dubes Lutfi Rauf secara khusus mempromosikan kopi Papua. Ia mengatakan, kopi Papua memiliki aroma dan cita rasa tersendiri dengan varietas Kopi Baliem, Kopi Moanemani, Kopi Amungme dan Kopi Pegunungan Bintang.

Bahkan ia berharap agar pengusaha kopi yang hadir dalam festival juga dapat menyicipi kopi Papua, selain kopi-kopi dari Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.

Pada penyelenggaraan Lomba Top Barista, sejumalh barista yang berpartisipasi juga menggunakan produk-produk kopi Indonesia yang sudah diracik dan dikemas ala Mesir, serta diolah dengan campuran rempah-rempah.

Pihak penyelenggara sekaligus CEO Fayoumi Coffee, Ehab Fayoumi mengatakan festival ini menghadirkan beberapa perusahaan kopi, seperti El Ameed Coffee, el fayoumi coffee, Espresso Coffee club, el Malik Shaleh Abdel Ma'bud, hingga Alpacino coffee. Beberapa booth juga menawarkan pernak-pernik dan mesin penggiling kopi manual.

Ia juga mengatakan, Fayoumi Coffee mengimpor 70 persen kopinya dari Indonesia.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor kopi ke Mesir telah mencapai lebih dari 18 ribu ton selama periode Januari hingga Mei 2021 atau hampir 60 persen dari total volume ekspor kopi sepanjang tahun 2020 lalu.

Sedangkan nilai ekspor kopi Indonesia ke Mesir telah mencapai 31,22 juta dolar AS atau naik 38,74 persen dibandingkan 22,48 juta dolar AS yang tercatat pada periode yang sama tahun 2020.

ARTIKEL LAINNYA