Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ketegangan Meningkat, Hizbullah Siap Tingkatkan Serangan ke Israel

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Agustus 2021, 08:37 WIB
Ketegangan Meningkat, Hizbullah Siap Tingkatkan Serangan ke Israel
Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah/Net
Aksi saling serang roket antara Hizbullah dan Israel telah meningkatkan ketegangan di kawasan. Meski begitu, Hizbullah menekankan pihaknya siap meningkatkan tindakannya untuk menanggapi serangan Israel.

Hal itu disampaikan oleh pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah dalam pidatonya pada Sabtu (7/8), memperingati berakhirnya perang Lebanon antara Israel dan Hizbullah pada 2006.

Nasrallah mengatakan, serangan udara Israel pada pekan ini merupakan perkembangan berbahaya yang belum pernah terlihat sejak 15 tahun terakhir.

"Kami memilih membuka lahan di area Shebaa Farms kemarin untuk mengirim pesan, dan mengambil langkah, serta meningkatkan dengan langkah lain," kata Nasrallah, seperti dikutip Reuters.

Nasrallah mengatakan bahwa pilihan Hizbullah termasuk tanggapan atas setiap lahan terbuka di Palestina yang diduduki di bagian utara, Galilea, atau Dataran Tinggi Golan.

Serangan udara antara Hizbullah dan Israel terjadi sejak Rabu (4/8), ketika roket diluncurkan ke Israel dari Lebanon. Namun tidak ada kelompok yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Sebagai tanggapan, Israel meluncurkan serangan udara dan artileri, yang kemudian dibalas oleh Hizbullah.

Pada Jumat (6/8), Hizbullah menembakkan roket ke arah pasukan Israel, menarik tembakan balasan dari Israel ke Lebanon selatan. Kedua belah pihak menargetkan lahan terbuka.

Tidak ada serangan yang dilaporkan pada Sabtu, dan sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan.

Ketegangan regional semakin tinggi menyusul dugaan serangan Iran terhadap sebuah kapal tanker minyak yang dikelola Israel di Teluk pada pekan lalu, dengan dua anggota awak meninggal dunia.

ARTIKEL LAINNYA