Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vietnam Susun Strategi Jadi Pusat Pengembangan Artificial Intelligence di ASEAN 2030

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Agustus 2021, 22:31 WIB
Vietnam Susun Strategi Jadi Pusat Pengembangan Artificial Intelligence di ASEAN 2030
Vietnam/Yale Insights
rmol news logo Vietnam memiliki ambisi menjadi pusat inovasi dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di ASEAN dan dunia.

Pemerintah Vietnam bahkan telah mengeluarkan strategi nasional terkait penelitian, pengembangan, dan penerapan AI hingga tahun 2030.

Menteri Sains dan Teknologi Bui The Duy pada Senin (9/8) mengatakan strategi tersebut menargetkan Vietnam berada di posisi empat negara terkemuka di ASEAN dan 50 negara secara global dalam hal penelitian, pengembangan, dan penerapan AI pada 2030, membangun 10 merek dagang AI bergengsi, dan mengembangkan tiga big data nasional, serta pusat komputasi berkinerja tinggi.

Dikutip kantor berita Vietnam (VNA),  Vietnam akan menyiapkan 50 database terbuka yang saling berhubungan di sektor ekonomi untuk mendukung upaya tersebut pada tahun 2030.

Vietnam juga akan menyempurnakan dokumen hukum dan membuat kerangka hukum mengenai AI, serta mempromosikan kerja sama internasional di lapangan.

Sejak pandemi Covid-19 merebak hampir dua tahun lalu, penerapan AI dalam perawatan kesehatan di Vietnam menjadi sorotan dunia. AI telah membantu meringankan beban pekerja medis dan pasukan anti-pandemi melalui aplikasi penelusuran dan peta epidemiologi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA