Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Susul Indonesia dan Malaysia, Thailand Masuk ke Daftar Risiko Perjalanan Tertinggi Covid-19 Versi CDC AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 10 Agustus 2021, 12:45 WIB
Susul Indonesia dan Malaysia, Thailand Masuk ke Daftar Risiko Perjalanan Tertinggi Covid-19 Versi CDC AS
Petugas melakukan pemeriksaan Covid-19 Thailand kepada warga/Net
rmol news logo Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS memasukkan tujuh negara baru ke dalam kategori risiko tertinggi Covid-19 pada Senin (9/8) waktu setempat.

Dalam rilis terbarunya itu, CDC memasukkan Thailand, menyusul tiga negara Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia, Malaysia dan Myanmar ke dalam kategori tingkat Covid-19 Level 4, yaitu level tertinggi merujuk pada situasi kasus di negara tersebut.

“Karena situasi saat ini di Thailand, bahkan pelancong yang divaksinasi penuh pun mungkin berisiko terkena dan menyebarkan varian Covid-19,” kata CDC di situs webnya, seperti dikutip dari Bangkok Post, Selasa (10/8).

Enam negara lain yang masuk kategori pada Senin adalah Eswatini, Prancis, Polinesia Prancis, Islandia, dan Israel.

Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand dalam laporannya yang dirilis pada Selasa (10/8) mencatat bahwa negara memiliki rekor tertinggi  235 kematian Covid-19 baru dan mencatat 19.843 kasus baru selama 24 jam terakhir.

Dalam panduan perjalanannya yang lebih luas, CDC merekomendasikan untuk tidak melakukan semua perjalanan internasional sampai seseorang menerima suntikan vaksin lengkap.

“Wisatawan yang divaksinasi penuh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan dan menyebarkan Covid-19. Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan pelancong yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian Covid-19,” kata badan tersebut.

Destinasi yang masuk dalam kategori risiko ‘sangat tinggi’ memiliki lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir, menurut parameter CDC. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA