Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

AS Menang Olimpiade Tokyo, Joe Biden Puji PM Yoshihide Suga

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 Agustus 2021, 14:14 WIB
AS Menang Olimpiade Tokyo, Joe Biden Puji PM Yoshihide Suga
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden/Net
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memuji Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga atas keberhasilannya menggelar Olimpiade Tokyo 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Gedung Putih, hal itu disampaikan oleh Biden ketika melakukan panggilan telepon dengan Suga pada Senin (9/8), seperti dikutip Reuters.

"Presiden Biden memuji kinerja semua atlet dan menyoroti keberhasilan Olimpiade oleh Jepang dan AS," kata Gedung Putih.

Biden mengatakan, Jepang telah mengambil langkah-langkah kesehatan masyarakat yang ketat untuk menggelar Olimpiade dengan tetap mencegah penularan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Biden menegaskan dukungan AS kepada Jepang yang menjadi tuan rumah Paralimpiade yang dimulai pada 24 Agustus.

Olimpiade Tokyo yang berakhir pada Minggu (8/8) menjadi kemenangan bagi AS. Totalnya AS berhasil mengumpulkan 113 mediali, meliputi 39 emas, 41 perak, dan 33 perunggu.

Kemenangan AS adalah hasil menyalip China di detik-detik terakhir, dengan tambahan tiga medali emas untuk Paman Sam dari cabang olahraga voli putri, basket putri, dan balap sepeda.

Dengan kemenangan ini, AS mampu menjadi juara bertahan selama tiga periode, yaitu Olimpiade London 2012, Olimpiade Rio 2016, dan Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara itu, China berada di posisi kedua dengan total 88 medali, mencakup 38 emas, 32 perak, dan 18 perunggu.

Suga sendiri merupakan salah satu sekutu penting bagi Biden dalam melawan pengaruh China di kawasan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan pertemuan dengan penasihat keamanan nasional Jepang, Takeo Akiba, di Washington pada Senin. Keduanya menekankan pentingnya Aliansi AS-Jepang untuk mempertahankan Indo-Pasifik yang inklusif, bebas, dan terbuka.

Keduanya juga berkomitmen untuk menjaga kebebasan navigasi dan penerbangan, serta penggunaan laut yang sah di Laut China Selatan dan sekitarnya.

Blinken dan Akiba juga menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, termasuk mencatat pentingnya kerjasama trilateral antara Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan untuk mengatasi tantangan, termasuk denuklirisasi semenanjung Korea.

ARTIKEL LAINNYA