Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Arif Alvi: Pakistan Berharap Bisa Belajar dari Pengalaman Pembangunan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 08:02 WIB
Presiden Arif Alvi:  Pakistan Berharap Bisa Belajar dari Pengalaman Pembangunan China
Presiden Pakistan Arif Alvi/Net
rmol news logo Pemerintah China dan Pakistan sepakat untuk meningkatkan dan memperkuat kerja sama bidang anti-terorisme dan keamanan kedua negara.

Hal itu terngkap dalam pertemuan antara Duta Besar China untuk Pakistan Nong Rong dan Presiden Arif Alvi pada Senin (9/8) waktu setempat, sebulan setelah serangan teroris yang menargetkan China di Pakistan.

Dalam pertemuan itu, keduanya bertukar pandangan tentang hubungan China-Pakistan, kerjasama dalam memerangi Covid-19, pembangunan Koridor Ekonomi China-Pakistan serta kerjasama internasional dan regional.

Dalam pertemuan itu, presiden mengatakan bahwa Pakistan mengutuk keras serangan teroris pada 14 Juli lalu, yang menewaskan sembilan warga negara China. Peristiwa itu terjadi saat sebuah bus meledak di di provinsi Khyber Pakhtunkhwa Pakistan.

Atas kejadian tersebut, Alvi juga menyatakan belasungkawa dan simpati yang mendalam kepada keluarga para korban China.

“Pakistan akan dengan tegas menjaga keamanan proyek, personel, dan institusi China di Pakistan dan berharap untuk lebih memperkuat kerja sama di Pelabuhan Gwadar, industri dan teknologi informasi, serta mewujudkan perdagangan dan konektivitas digital,” kata presiden, seperti dikutip dari Global Times, Selasa (10/8).

“Pakistan berharap untuk belajar dari pengalaman pembangunan China di bidang pendidikan, kesehatan dan bidang sosial dan mata pencaharian lainnya,” ujarnya.

Duta Besar China pada gilirannya mengatakan bahwa China dan Pakistan adalah mitra kerja sama strategis di segala cuaca.

“China bersedia bertukar pengalaman dengan Pakistan tentang pemerintahan, memberikan peluang baru kepada Pakistan dengan perkembangan baru China dan membantu mewujudkan visi ‘Pakistan baru’,” katanya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA