Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bantah Tuduhan Pelecehan, Gubernur New York Andrew Cuomo Mantap Mengundurkan Diri

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 08:15 WIB
Bantah Tuduhan Pelecehan, Gubernur New York Andrew Cuomo Mantap Mengundurkan Diri
Gubernur New York Andrew Cuomo/Net
Gubernur New York Andrew Cuomo akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri, menyusul kasus pelecehan seksual terhadap 11 wanita yang menjeratnya. Pengumuman pengunduran diri itu disampaikan langsung Cuomo dalam pidato 20 menit yang disiarkan televisi pada Selasa (10/8) waktu setempat.

Politikus terkemuka AS berusia 63 tahun itu mengatakan pengunduran dirinya akan berlaku dalam 14 hari ke depan.

Cuomo sekali lagi membantah melakukan kesalahan, meskipun dia mengatakan dia menerima tanggung jawab penuh atas apa yang dia sebut sebagai upaya yang salah untuk menunjukkan kasih sayang atau humor.

Dia mengatakan dia telah menyimpulkan bahwa melawan tuduhan sambil tetap menjabat akan melumpuhkan pemerintah negara bagian dan merugikan pembayar pajak jutaan dolar pada saat pandemi virus corona masih menjadi ancaman besar.

"Saya pikir, mengingat situasinya, cara terbaik yang dapat saya bantu sekarang adalah jika saya menyingkir dan membiarkan pemerintah kembali ke pemerintah - dan karena itu itulah yang akan saya lakukan," katanya, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (11/8).

Pengunduran diri Cuomo menghindarkannya dari kemungkinan pemecatan dari jabatannya melalui proses pemakzulan di badan legislatif negara bagian yang dikendalikan Demokrat, yang tampaknya sangat mungkin terjadi ketika anggota parlemen berbondong-bondong meninggalkannya.

Penyelidikan, yang dirinci dalam laporan setebal 168 halaman, menemukan bahwa Cuomo meraba-raba, mencium, atau membuat komentar sugestif kepada pekerja dan mantan pekerja wanita pemerintah - salah satunya adalah pekerja polisi negara bagian - dan menanggapi setidaknya satu wanita yang menuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

Jabatan Cuomo sementara akan diambil alih oleh Letnan Gubernur Kathy Hochul (62), seorang Demokrat dari New York barat, hingga akhir Desember 2022.

"Saya setuju dengan keputusan Gubernur Cuomo untuk mundur," kata Hochul dalam sebuah pernyataan.  

"Ini adalah hal yang benar untuk dilakukan dan demi kepentingan terbaik warga New York," ujarnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA